Baru Pertama Kali Naik Motor? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Tak heran sepeda motor kerap menjadi pilihan moda transportasi masyarakat Indonesia. Karena dimensinya yang kecil dan ramping, kendaraan roda dua ini lebih mudah melewati kemacetan ketimbang mobil.

Rabu, 06 Juni 2018 16:15
Foto: Collinslaw.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa daerah di Indonesia kini semakin padat. Alhasil, jalanan menjadi kerap macet karena dipenuhi kendaraan, baik itu milik pribadi maupun umum. Tentu hal itu terbilang menjengkelkan karena terbilang membuang waktu dengan percuma.

Dengan demikian, tak heran sepeda motor kerap menjadi pilihan moda transportasi masyarakat Indonesia. Karena dimensinya yang kecil dan ramping, kendaraan roda dua ini lebih mudah melewati kemacetan ketimbang mobil.

Namun, mengendarai sepeda motor bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Pasalnya, kendaraan ini tidak memiliki pelindung layaknya mobil. Karena itulah, Otolovers yang berencana untuk beralih atau pun mulai mengendarai sepeda motor perlu memerhatikan beberapa hal di bawah ini, seperti dilansir dari Rideapart.com:

1. Kenali kebutuhan

Sebelum berkendara, tentunya Otolovers perlu memiliki sepeda motor terlebih dahulu. Apabila belum, pastinya perlu melakukan pembelian. Supaya motor dapat berfungsi maksimal, kenali dulu kebutuhan Otolovers. Pasalnya, ada banyak jenis sepeda motor yang dipasarkan, seperti skutik, bebek, dan sport. Kapasitas mesin yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari 100cc hingga 1.600cc.

Fitur yang disematkan pada sepeda motor turut dipertimbangkan, seperti sektor kaki-kaki, pencahayaan, dan bagasi. Jika Otolovers kerap membawa banyak barang, motor dengan bagasi luas bisa menjadi pilihan tepat. Namun, apabila lebih doyan pada kecepatan, motor sport-fairing dengan kapasitas mesin besar akan lebih menarik.

2. Perawatan

Meski kini banyak pabrikan mengklaim produknya minim perawatan, hal itu tentu tetap harus dilakukan. Pasalnya, tak semua part bisa bertahan terus menerus. Jika sampai terjadi kerusakan yang dibiarkan pada salah satu komponen saja, maka bisa menimbulkan efek berantai pada bagian sepeda motor yang lain.

Setidaknya ada 4 part yang harus dirawat atau diganti secara rutin, yaitu rem, oli, lampu, dan ban. Sebenarnya tidak perlu waktu lama untuk memastikan keempat komponen tersebut masih layak digunakan sebelum berkendara. Cukup pastikan bahwa rem masih pakem, oli mesin melakukan pelumasan, lampu menyala, dan ban tidak halus.

3. Pengetahuan

Ada baiknya pemilik sepeda motor tak hanya memiliki kemampuan berkendara, tetapi juga pengetahuan terkait komponen tersebut. Terkadang, motor bisa saja mengalami masalah tanpa diduga-duga. Saat itulah pengetahuan mekanis akan berguna. Namun, jika memang sama sekali tidak mengetahui hal tersebut, maka bengkel menjadi satu-satunya solusi.

4. Safety gear

Karena sifat motor yang rentan, pengendara perlu menggunakan safety gear. Gunanya adalah untuk meminimalisir dampak yang timbul apabila sampai terlibat kecelakaan. Selain helm, pengendara juga perlu mengenakan jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

5. Tanggung jawab

Sebagai pengendara motor, Otolovers tentu harus bertanggung jawab terhadap segala yang terjadi di jalan. Selain memastikan keselamatan diri sendiri, pengguna jalan lain juga harus diperhatikan. Jangan sampai karena Otolovers melakukan manuver berbahaya, pengguna jalan lain yang merasakan akibat buruknya.

Selain itu, patuhi peraturan lalu lintas, tak hanya rambu-rambu, tetapi juga berbagai dokumen yang wajib dimiliki, seperti SIM dan STNK. Keduanya merupakan syarat wajib bagi pengendara sepeda motor di Indonesia.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami