Barang Bawaan Saat Mudik Sesuaikan dengan Pertimbangan Berikut

Membawa banyak barang sudah menjadi budaya saat mudik. Tapi ada baiknya untuk menyesuaikan barang bawaan dengan kemampuan muatan mobil.

Minggu, 20 Mei 2018 09:15
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Memilih mobil untuk dijadikan transportasi mudik memang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya kemampuan bagasi yang mengizinkan pengendara untuk membawa banyak barang.

Meski begitu menurut Robby Prakoso selaku penggiat safety driving, dalam membawa barang dalam mobil perlu memperhatikan 3 hal berikut. Yang pertama adalah power to weight ratio kendaraan, load index ban dan roof rack sebagai komponen opsional.

Power weight ratio sendiri merupakan perbandingan antara beban dengan tenaga yang mampu diakomodasi oleh mobil. Perhitungannya sendiri menurut Robby untuk mobil penumpang adalah 50-100 w/kg. Di mana setiap 1 hp sama dengan 745,6 w.

Sedangkan untuk load index ban merupakan kemampuan roda dalam menahan beban. Untuk mengetahuinya dapat dilihat melalui informasi yang tertulis di samping ban. Hal ini penting karena apabila muatan yang dibawa berlebihan akan berisiko merusak ban.

"Tertulis kemampuan untuk beban per ban. Jadi kalikan 4 ban untuk total beban kendaraan," jelas Robby kepada Otosia, Jumat (18/5/2018).

Terakhir adalah roof rack, untuk komponen opsional ini perlu diperhatikan kemampuan bebannya. Selain itu, beban yang diletakkan di atas roof rack harus diakumulasi bersama beban lain yang berada di dalam mobil sebagai pertimbangan terhadap power to weight ratio dan load index ban. 

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/fid/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami