Ban Dalam Mobil Dipakai Modus Simpan Ribuan Butir Ekstasi dan Puluhan Kilogram Sabu

Badan narkotika Nasional (BNN) menangkap 8 terduga pengedar narkoba di Asahan, Sumatera Utara, Selasa (2/7/2019) hingga Rabu (3/7/2019). Dari hasil penangkapan itu, petugas juga menyita 81,8 kg sabu-sabu an 102.657 butir pil ekstasi.

Jum'at, 05 Juli 2019 18:45
Ban Dalam Mobil Dipakai Modus Simpan Ribuan Butir Ekstasi dan Puluhan Kilogram Sabu BNN tangkap pengedar narkoba di Asahan, Sumut (Merdeka.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Badan narkotika Nasional (BNN) menangkap 8 terduga pengedar narkoba di Asahan, Sumatera Utara, Selasa (2/7/2019) hingga Rabu (3/7/2019). Dari hasil penangkapan itu, petugas juga menyita 81,8 kg sabu-sabu an 102.657 butir pil ekstasi.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol Arman Depari mengatakan, operasi ini berawal dari adanya informasi dari masyarakat. Informasi itu menyebutkan adanya speed boat yang diduga membawa narkotika dari perbatasan Malaysia, hendak berlabuh di perairan Tanjung Balai, Asahan, Selasa (2/7/3019).

Dari hasil penyelidikan, petugas mencurigai mobil Kijang Innova hitam bernomor polisi BK 1430 HG. Tim BNN lantas mengikuti mobil tersebut dan menyergapnya di perlintasan rel kereta api Simpang Warung Kisaran sekira pukul 17.15 WIb, usai meninggalkan sebuah rumah.

"Di dalam mobil ditemukan tiga ban dalam mobil yang berisi narkotika jenis sabu-sabu dan pil ekstasi," jelas Arman, dikutip dari Merdeka.com.

Dua orang penumpang mobil, Adi Putra alias Tison dan Ardiansyah alias Yuni diamankan. Menurut pengakuan keduanya, mereka masih menyimpan narkotika di sebuah rumah di Lubuk Palas, Asahan. 

 

  

1 dari 4 Halaman

Kejar Honda Jazz

Kejar Honda Jazz

Saat didatangi, benar saja, petugas menemukan satu ban dalam mobil berisi narkotika di belakang rumah. Satu orang, yakni Fadil yang merupakan penunggu rumah ikut diamankan.

Setelah penangkapan tersebut, petugas mengembangkan kasus ini. Hingga muncul nama pelaku lain, yang diketahui menggunakan mobil Honda Jazz bernopol BK 1004 VP. Mobil itu rupanya sedang menuju ke Batubara.

Petugas menemukan keberadaan Honda Jazz yang melaju dengan kecepatan tinggi, sekitar pukul 17.30 WIB. Sayangnya, saat pengejaran petugas bertemu dengan Avanza B1321 KIJ yang berusaha menghalangi usaha petugas.

Avanza itu tak mau memberikan jalan untuk mobil tim BNN yang akan menghentikan Honda Jazz. Honda Jazz itu baru berhasil diamankank sekitar pukul 18.30 WIB, di jalan Perintis Kemerdekaan batubara.

Di dalam mobil ada dua orang penumpang, Hanafi dan Amirudin. Sedangkan Avanza berhasil kabur dari petugas dan terpantau menuju ke arah pelabuhan. Saat dicari, Avanza itu berhasil menghilangkan jejak.

2 dari 4 Halaman

Tembakan Peringatan

Tembakan Peringatan

Tak berselang lama, Rabu (3/7/2019) pukul 01.30 dini hari, tim BNN juga mengamankan dua pelaku lain, Zul dan Nazar. Keduanya diamankan di rumah di dalam perkebunan sawit di dartah Teluk Dalam, Asahan.

Dari hasil pengembangan lainnya, petugas juga mendeteksi pelaku lain yang diketahui berada di Deli Serdang. Seperti 'jodoh', saat memburu pelaku ini, tim juga bertemu kembali dengan mobil Avanza putih BK 1321 KIJ yang berhasil lolos saat menangkap mobil Honda Jazz.

Avanza putih itu ditemukan di Jalan Perhubungan, Laut Dendang, medan Tembung, Sumatera Utara. Tak lagi memberikan celah, tim berusaha menghentikan, meski mobil kembali berusaha melarikan diri.

"Mobil itu bahkan menabrak dan berupaya mencelakai serta membahayakan petugas," papar Arman.

Karena Avanza tersebut seperti tak menyerah untuk kabur, petugas terpaksa melepaskan beberapa kali tembakan peringatan. Tapi percuma. Sampai petugas akhirnya melepaskan tembakan ke mobil itu. Dan berhasil. 

3 dari 4 Halaman

Satu Pelaku Tewas

Satu Pelaku Tewas

Avanza putih itu berhenti, lalu dua penumpangnya keluar dan melarikan diri. Ada tiga penumpang lain yang ditemukan petugas di dalam Avanza tersebut, Sulaeman, M Yusuf, dan M Yasin.

"Dua di antaranya terluka, yakni M Yasin dan M Yusuf," lanjut Arman.

Hanya saja, M Yasin dinyatakan tewas saat tiba di RS Haji Medan. Sementara M Yusuf mengalami luka pada betis kiri dan menjalani perawatan di RS Bhayangkara Medan.

Sore harinya, sekira pukul 16.15 WIB, seorang pelaku, Tarmizi alias Geng, juga ditangkap di salah satu rumah di Gang Riski, Bandar Klippa,Percut Sei Tuan, Deli Serdang. 

4 dari 4 Halaman

Daftar Barang Bukti

Daftar Barang Bukti

Total, petugas menyita barang bukti 4 ban dalam mobil berisi 70 bungkus sabu seberat 81.862,6 gram dan 20 bngkus berisi 102.657 butir ekstasi. Barang bukti lain yang disita yakni Mobil Toyota Innova BK 1430 HG, Honda Jazz BK 1004 VP, Toyota Kijang Innova BK 1144 VI, Honda CR-V BK 1735 KY, Honda CR-V BK 1832 UO, Toyota Avanza B 1321 KIJ, dan sejumlah alat komunikasi handphone.

"BB sabu dan ekstasi berasal dari Malysia dan diserahterimakan di tengah laut, antara kapal ke kapal, ship to ship," tandas Arman.

Kini tersangka dan barang bukti diamankan di kantor BNNP Sumut. Petugas juga sedang melakukan pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami