Balik Belakangan Seusai Mudik dengan Motor, Perhatikan Hal-hal Ini

Meski mau balik lagi ke perantauan belakangan, namun tetap saja Otolovers harus perhatian beberapa hal ini

Selasa, 11 Juni 2019 19:15
Balik Belakangan Seusai Mudik dengan Motor, Perhatikan Hal-hal Ini Servis sepeda motor (Otosia.com)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Kendati libur Lebaran sudah selesai yang ditandai sudah mulai masuknya pegawai perkantoran sejak Senin kemarin (10/6), namun masih banyak pemudik yang masih menikmati cuti dan baru balik belakangan, termasuk mereka yang pulang kampung dengan sepeda motor.

“Saya masih menikmati suasana di kampung mas. Kebetulan saya naik motor bersama istri dan anak mudik. Saya baru masuk kerja Senin depan mas, tanggal 17 Juni. Baliknya lagi bawa motor. Karena belum servis waktu berangkat kemarin, mungkin akan saya servis pas mau balik ke Jakarta nanti,” kata Aan Suherlan, pemotor yang mudik ke Sumedang, Jawa Barat.

Aan Suherlan, mungkin salah satu dari ribuan pemudik sepeda motor yang masih menikmati libur dan kembali ke Ibukota pada pekan ini. Dan boleh jadi pria yang rutin mudik dengan Honda Supra 125 setiap tahun ini, adalah salah satu dari pemudik yang belum sempat menservis motornya saat dipakai mudik Lebaran.

Nah, buat pemudik motor yang masih menikmati suasana silaturahmi di kampung halaman dan hendak kembali ke kota tempat bekerja dan menetap, Otosia.com kembali mengingatkan melalui beberapa kiat perjalanan jauh.

Dengan karakteristik sepeda motor, bukan hanya kondisi fisik yang harus dipersiapkan, akan tetapi sangat disarankan juga untuk mempersiapkan kendaraan dengan baik, di antaranya:

1 dari 6 Halaman

Cek sepeda motor

Melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kendaraan yang akan digunakan maksimal beberapa hari sebelum digunakan agar dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan penggerak berfungsi dengan baik.

2 dari 6 Halaman

Waspada saat berkendara

Waspada saat berkendara dengan memperhatikan keadaan depan, belakang, kanan, dan kiri kendaraan dengan selalu memperhatikan jarak aman baik yang ada di depan maupun belakang.

3 dari 6 Halaman

Rencanakan perjalanan

Sama seperti saat berangkat, pemudik motor yang kembali dihimbau untuk merencanakan perjalanan balik dengan baik termasuk mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui, serta tidak membawa barang berlebih agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

4 dari 6 Halaman

Istirahat ketika sudah lelah

Jika pengemudi sudah merasa lelah atau mengantuk sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Atau bisa memanfaatkan Posko-posko istirahat agen pemegang merek yang masih buka saat arus balik. Saat beristirahat pastikan kembali bahwa melakukan pengecekan terhadap motor di beberapa bagian penting.

5 dari 6 Halaman

Gunakan perlengakapan lengkap

Perhatikan juga perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk digunakan seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang, sepatu. Kemudian siapkan pula jas hujan dengan warna yang mencolok.

6 dari 6 Halaman

Bawa surat kendaraan

Jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia sehingga ketika perjalanan balik berjalan lancar dan selamat saat setibanya di kota tujuan.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami