Bahaya Tidak Sih 'Men-Skip' Gigi Pada Transmisi Manual?

Dari gigi satu, kemudian digenjot langsung ke gigi 3. Bahaya tidak ya bagi transmisi mobilnya?

Jum'at, 25 Agustus 2017 15:00
Transmisi manual (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mungkin otolovers yang memiliki mobil dengan transmisi manual selama ini bertanya-tanya, apakah yang terjadi jika saat berkendara kemudian Gear yang ada pada transmisi dilewati? Sebagai contoh, saat mengendarai pada gigi pertama kemudian loncat ke gigi ke-tiga, atau ke-empat tanpa melewati gigi 2.

Banyak sekali yang mengatakan bahwa melewati gigi mobil adalah kegiatan yang kurang sehat pakai transmisi mobil. Tapi ternyata Engineering Explained mengatakan tidak ada pengaruh yang besar terhadap kondisi transmisi.

Hal ini dipertegas dengan naturalnya transmisi manual yang memungkinkan pengendaranya untuk memilih pada gigi berapa dia memulai berjalan. Apakah anda mau masuk gear 1, 2, 3, dan seterusnya. Secara fisik tidak ada resiko khusus, hanya saja untuk up-shifting, harus diperhatikan RPM yang sedang ada di odometer.

Hal itu pula yang berlaku dengan down-shifting. Pengendara tetap bisa melakukan skip, tanpa merusak transmisi. Namun yang harus diperhatikan adalah putaran mesin, dimana jika RPM terlalu tinggi akan menyebabkan ampas persneling lebih cepat aus. Tapi selebihnya, 'skipping' transmisi tidak memberikan resiko yang besar buat mobil.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami