Bahas Jualan Avanza Vs Xpander Tahun Lalu, Siapa Jadi Idola?

New Avanza menggebrak pasar small MPV karena tampil dengan wajah baru. Apalagi, sebelumnya momen ini didahului sama bocoran-bocoran, termasuk soal perubahan fascia atau bagian depan.

Selasa, 22 Januari 2019 20:15
Mitsubishi Xpander (Dok.Otosia.com)
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - New Avanza menggebrak pasar small MPV karena tampil dengan wajah baru. Apalagi, sebelumnya momen ini didahului sama bocoran-bocoran, termasuk soal perubahan fascia atau bagian depan.

Waktu akhirnya muncul, Avanza seperti ingin menegaskan statusnya sebagai mobil sejuta umat, yang bisa didengar dari pesan di iklan-iklan TV untuk mobil tersebut.

Tapi jika kembali ke 2018, Avanza sendiri memang masih jadi mobil juara. Penjualannya di atas Xpander, yang menjadi saingan selama beberapa waktu sejak muncul di akhir 2017 dan berlanjut selama beberapa bulan di 2018.

Tengok saja data wholesales sebagai gambaran. Catatan Gaikindo untuk penjualan mobil pada Januari sampai Desember 2018 memperlihatkan kalau Avanza unggul sekian ribu unit dibandingkan dengan Xpander.

Toyota Avanza 2019 (Toyota)

Jika total wholesales untuk Xpander adalah 75.075 unit, Avanza meraih total 78.796 unit. Pada Xpander sendiri, tipe terlarisnya adalah Ultimate (4X2) A/T dengan total 36.062 unit. Sementara tipe terlaris untuk Avanza adalah tipe G 1.300 cc dengan jumlah 35.021 unit.

Sejatinya sulit untuk membandingkan penjualan keduanya, sekalipun hal itu juga yang menuai persaingan di pasaran. Avanza punya pilihan model mobil 1.300 cc, sementara Xpander semuanya sama-sama 1.500 cc.

Avanza pun secara total punya sepuluh tipe. Namun angka total wholesales 2018 di atas sudah minus Transmover yang lekat pada pasar berbeda, jadi jumlahnya sembilan tipe, sementara Xpander secara total hanya delapan tipe.

Dengan jumlah pilihan lebih sedikit dan mesin bertahan pada daya hasil kubikasi 1.500 cc, maka Xpander terbilang punya pasar yang loyal dan besar, apalagi jika flashback ketika Xpander beberapa kali menyalip Avanza secara penjualan sekalipun dia adalah 'anak baru'.

Satu hal menarik yang mesti dilihat dari catatan komparasi wholesales 2018 di atas adalah penjualan Avanza yang terlihat tiba-tiba menguat di bulan-bulan akhir penutupan tahun. Info dari dealer, Avanza lawas memang didiskon sampai Rp 30 juta sebelum peluncuran New Avanza. Oleh karenanya, mudah diterka kenapa tiba-tiba ada tambahan angka besar menuju tutup tahun.

Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Jadi, apakah Avanza kukuh untuk menjadi idola? Kalau lupakan yang lalu dan jajaki yang sekarang, maka Avanza memang sedang coba menunjukkan optimismenya lewat tampilan wajah baru. Namun, ujung-ujungnya tetap dilematis.

Belum apa-apa Toyota sudah bikin program penjualan buat New Avanza. Mereka bikin program undian berhadiah 3 unit New Avanza dengan harga Rp 99 juta. Ada juga program undian berhadiah 3 unit New Veloz gratis dengan menukarkan mobil lama dari merek apa saja dengan tahun pembuatan paling lama 2004.

Artinya, penjualan sudah harus digenjot. Pasalnya, di luar ini pun Toyota Astra Motor bekerja sama dengan SERA langsung menyiapkan program yang sama: tukar tambah.

Jadi apaka Toyota sejatinya masih kurang pede dengan New Avanza? Padahal, small MPV itu punya banyak fitur baru, sekalipun memang secara komparasi hitung-hitungannya masih kurang sedikit dibanding Xpander, terutama untuk urusan kebutuhan gadget, ketinggian mobil, dan fitur keamanan.

SUDAH BACA INI BELUM?

 

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami