Bagi-bagi Helm Anak 'Sentil' Orang Tua yang Lalai di Jalan

Aksi bagi-bagi helm tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari transportasi nasional sekaligus kampanye keselamatan berkendara.

Rabu, 20 April 2016 13:30
Bagi bagi helm (foto: Forwot)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Turut peduli dengan masalah keselamatan anak di jalan raya, Forum Wartawan Otomotif (Forwot) bersama PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) membagikan ratusan helm khusus anak di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu pagi (20/4).

"Sebagai perusahaan otomotif konsumer di Indonesia, kami memiliki komitmen yang tinggi pada kampanye keamanan berkendara di Indonesia dengan berbagai inisiatif. Berbagai metode edukasi kami lkali menyasar anak-anak yakni mengenalkan mereka tentang pentingnya berkendara yang aman sembari membagikan helm kepada anak-anak," ujar Agung Kusumo, Wakil Direktur Utama MPMX.

Sementara Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot menyatakan, keselamatan berlalu-lintas selama ini memang menjadi fokus Forwot sebagai sebuah forum yang menaungi wartawan-wartawan otomotif dari berbagai media nasional, baik cetak maupun online.

"Semoga niat baik dari kami dan MPMX ini senantiasa diterima dengan baik oleh seluruh pihak, dan akan terus berlanjut, tidak hanya setahun sekali, tetapi menjadi sebuah kegiatan rutin. Semakin sering dan semakin banyak pihak yang perduli, tentu kesadaran masyarakat akan keselamatan berkendara juga kian meningkat," tandas Indra.

Aksi simpatik ini turut didukung oleh Korlantas Polri, yang dalam kesempatan ini diwakili Kapolsek Duren Sawit, Kompol Yudho Huntoro, SIK.MIK.

"Giat kesadaran berlalu-lintas sejalan dengan program kami di kepolisian khususnya di wilayah hukum Duren Sawit. Kami juga secara rutin memberikan edukasi kepada sekolah-sekolah seperti halnya acara yang digelar MPMX dan Forwot hari ini. Anak-anak menjadi prioritas kami untuk menumbuhkan kesadaran berkendara yang baik sejak dini. Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan semoga akan terus dilakukan berkesinambungan," ujar Kompol Yudho Huntoro.

Berdasarkan data dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri, sampai November 2015 terjadi 95.906 kasus kecelakaan, 28.297 diantaranya meninggal dunia, atau rata-rata terjadi 3.000 kasus per hari. Kebanyakan korban meninggal dunia berasal dari usia produktif antara 16-30 tahun, dengan penyebab terbanyak adalah sepeda motor , yakni mencapai 40 persen.

Sementara berdasarkan data Polda Metro Jakarta Raya sepanjang 2014 tercatat 309 anak berusia 0-10 tahun terlibat kecelakaan lalu lintas. Sepeda motor menjadi penyumbang tertinggi angka kecelakaan, yakni 56 persen atau 5.036 kejadian dari total 9.002 kejadian.

"Banyak orang tua yang membonceng anak tidak mengenakan helm ke anaknya. Ini cukup menjadi indikasi bahwa kesadaran para orang tua terhadap keselamatan berkendara masih sangat minim. Kesadaran inilah yang ingin dibangun oleh MPMX bersama Forwot melalui pembagian 200 helm anak kepada pengendara motor. Nantinya diharapkan masyarakat jauh lebih peduli dan sadar tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas," imbuh Novari Mursita, Ketua Pengurus Yayasan MPMX.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/nzr/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami