Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Beserta Keutamaan dan Amalan Baiknya untuk Otolovers Muslim

Berikut ini bacaan doa malam Lailatul Qadar yang patut Otolovers muslim ketahui

Senin, 03 Mei 2021 20:45
Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar, Beserta Keutamaan dan Amalan Baiknya untuk Otolovers Muslim Ilustrasi Malam Lailatul Qadar (Ilustrasi: ultrahdwalls.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Di bulan Ramadhan, salah satu waktu yang paling ditunggu adalah malam Lailatul Qadar. Dengan doa malam Lailatul Qadar, Otolovers muslim akan lebih dekat dengan kemuliaan.

Malam Lailatul Qadar sendiri merupakan malam saat Al-Quran diturunkan, malaikat turun ke bumi serta pintu ampunan dibuka seluas-luasnya.

Hanya saja, malam Lailatul Qadar tidak diketahui oleh manusia kapan datangnya. Rasulullah SAW hanya memberi informasi malam Lailatul Qadar ada di sepertiga Ramadan. Untuk itu umat Islam jangan sampai terlewatkan malam Lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Lantas bagaimana bacaan doa malam Lailatul Qadar? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1 dari 5 Halaman

Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih mulia daripada seribu bulan. Di malam tersebut, Rasulullah SAW menganjurkan kepada umatnya untuk menyambut di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Sambutan tersebut dianjurkan diisi dengan memperbanyak ibadah dan amalan baik. Rasulullah SAW bersabda,

“Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Pada dasarnya Malam Lailatul Qadar tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Rasulullah SAW hanya memberi informasi malam Lailatul Qadar ada di sepertiga Ramadan dan ada pula tanda-tandanya.

Berdasarkan riwayat dari Ibnu Abbas, "Sesungguhnya Rasulullah bersabda tentang (tanda-tanda) Lailatul Qadar (yaitu) malam yang mudah, indah, tidak (berhawa) panas atau dingin, matahari terbit (pada pagi harinya) dengan cahaya kemerahan (tidak terik).” (H.R. Bukhari).

2 dari 5 Halaman

Ini Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar

Diriwayatkan dari 'Aisyah, pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW apa yang harus dia katakan dalam permohonan jika dia bertemu malam Lailatul Qadar. Maksud ‘Aisyah yakni bacaan doa malam Lailatul Qadar seperti apa yang baik dibaca.

Beliau menjawab bacaan doa malam Lailatul Qadar:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Pemaaf dan Pemurah maka maafkanlah diriku."

Salam Al-Farisi telah meriwayatkan bahwa Rasulullah Muhammad SAW berkata:

"Wahai manusia! Ketika bulan agung, bulan berkah (Ramadan) datang kepadamu, lakukan banyak dari empat tindakan ini di dalamnya. Dua tindakan yang dengannya kamu akan menyenangkan Tuhanmu dan dua tindakan yang tidak dapat kamu lakukan tanpanya. Adapun dua yang tolong Tuhanmu, mereka adalah kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan mencari pengampunan-Nya. Adapun dua tindakan yang tidak dapat dilakukan tanpa, Anda harus mencari surga dari Tuhan Anda dan mencari perlindungan dari api neraka."

3 dari 5 Halaman

Berdasarkan hadits tersebut, terdapat bacaan lain selain doa malam Lailatul Qadar. Setiap hamba bisa melafalkan zikir berulang kali selama bulan Ramadan. Adapun zikir yang dimaksud yakni sebagai berikut:

Ash-hadu an laa ilaha illaAllah, astaghfiruAllah, nas-alu-ka-al-jannata, wa na-u'zubika mi-nan-nar (x3)

Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan aku mencari pengampunan dari Allah. Kami meminta surga bagi Anda dan mencari perlindungan Anda dari api neraka.

Allahum-ma in-naka 'a-fuw-wun tu-hib-bul-'af-wa fa' fu 'an-naa (x3)

Artinya: Ya Allah, Engkau Pengampun dan pengampun kasih, jadi maafkan aku.

4 dari 5 Halaman

Berikut Ini Doa Malam Lailatul Qadar Meminta Perlindungan

Q?la rabbi inn? a'??u bika an as`alaka m? laisa l? bih? 'ilm, wa ill? tagfir l? wa tar-?amn? akum minal-kh?sir?n

Artinya: “Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS : Hud : 47).

5 dari 5 Halaman

Doa Malam Lailatul Qadar Meminta Keteguhan Iman

Wa qur rabbi adkhiln? mudkhala ?idqiw wa akhrijn? mukhraja ?idqiw waj'al l? mil ladungka sul??nan na??r?

Artinya: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS : Al Isra : 80).

Penulis: Tantiya Nimas Nuraini

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami