Awas, Salah Pilih Dealer Saat Pameran

Tak banyak yang paham juga bahwa kadang pun suatu dealer hanya bisa melayani konsumen yang berdomisili di satu wilayah atau sekitarnya.

Selasa, 01 September 2015 21:00
Foto Ilustrasi GIIAS 2015 by Nazar Ray
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Banyak yang bisa dipetik sebagai pelajaran dalam pameran akbar otomotif yang berlangsung minggu lalu, salah satunya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Ada catatan bahwa tidak sedikit konsumen yang kecele, atau justru sebaliknya bagi para sales, yang menghadapi masalah pemesanan kendaraan.

Pada dasarnya, suatu merek hadir dalam pameran diwakili oleh satu dealer. Kondisi ini tentu berpengaruh pada sistem pemesanan atau booking fee. Jika misalnya GIIAS diselenggarakan di ICE, BSD, tidak berarti bahwa semua dealer yang memasarkan berdomisili di wilayah yang sama. Akibatnya, surat kendaraan pun berdasarkan domisili dealer.

"Kemarin ada, sudah SPK (buat surat pemesanan kendaraan). Dia (pembeli) baru sadar kalau saya dealer Depok. Padahal, rumahnya daerah sini (Tangerang). Udah booking fee, mau dibatalin, ya mana bisa," ujar seorang sales produk mobil Jepang.

Adakalanya sales dari dealer yang kecele karena baik mereka maupun pembeli sama-sama tidak tahu soal sistem yang terpaut dengan domisili. Sebenarnya, pihak sales dealer cukup memastikan domisili calon konsumen.

"Biasanya sih kami perkenalkan diri dulu dari dealer mana. Sebenarnya bukan cuma konsumen saja yang kecele, kami juga. Kemarin sempat dapat orang Makassar, padahal logat atau gaya bicaranya biasa banget. Aku enggak tanya dia tinggal di mana, ternyata di Makassar, dan enggak punya saudara dengan KTP Jakarta, jadi mana bisa SPK," kata sales dari dealer mobil Jepang yang berdomisili di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Tak banyak yang paham juga bahwa kadang pun suatu dealer hanya bisa melayani konsumen yang berdomisili di satu wilayah atau sekitarnya.

"Ada juga yang logatnya daerah, begitu ditanya ternyata orang Jakarta. Kami kan hanya bisa layani pembeli asal Jabodetabek. Ya memang susah saat pameran karena orang dan dealernya dari mana saja. Kalau aku sebagai dealer pasti memperkenalkan diri dulu dan nanya domisili dia. Biar enggak kecele, padahal udah panjang-panjang jelasin," ujarnya.

Sebuah pameran akbar semacam GIIAS atau Indonesia International Motor Show (IIMS) tak pelak didatangi konsumen dari seluruh Indonesia karena tergiur dengan kemunculan produk baru. Dengan adanya catatan ini, ada baiknya konsumen tahu informasi lebih jauh, atau mungkin ada baiknya juga bagi ATPM untuk menyiapkan perwakilannya mengingat pameran berembel-embel "Indonesia", bukan "Jakarta".

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/why/fid/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami