Awalnya Harga Brio Tak Sampai Rp 90 Juta

Pihak Honda Prospect Motor menyanggah bahwa kualitas Honda Brio tidak setara mobil murah ramah lingkungan anjuran pemerintah atau low cost and green car (LCGC).

Sabtu, 08 September 2012 20:05
Honda Brio (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton

Otosia.com - Harapan agar Brio menjadi mobil murah pemerintah pupus selepas keterangan bahwa ia dihargai Rp. 149 juta - Rp. 170 juta. Pihak Honda Prospect Motor selaku produsen di Indonesia pun menyanggah bahwa kualitasnya tidak setara mobil murah ramah lingkungan anjuran pemerintah atau low cost and green car (LCGC).

Namun sumber dalam perusahaan mengatakan bahwa pada awalnya harga Brio tak sampai Rp. 90 juta. "Harganya awalnya tidak sampai Rp. 90 juta. Tapi mungkin nanti kalau sudah dirakit di sini (Indonesia) tidak semahal sekarang, sampai Rp. 149 juta," ungkapnya.

Sebelum Brio diluncurkan, data tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor di Kementerian Perindustrian pun menunjukkan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) yang juga bisa diartikan harga saran untuk on-the road (sesudah pajak).

Menurut daftar tersebut, Honda Brio DD2 1.3 S M/T dihargai Rp. 110 Juta (harga termurah. Adapun Honda Brio DD2 1.3 S A/T Rp. 118 Juta, Honda Brio DD2 1.3 E M/T adalah Rp. 118 Juta, dan Honda Brio DD2 1.3 E A/T Rp. 126 Juta. Kenyataannya, Brio dijual dalam empat varian dan harga, mulai dari Brio S M/T Rp. 149 juta, Brio S A/T dihargai Rp. 159 juta, Brio E M/T dijual Rp. 160 juta, hingga Brio E A/T dijual Rp. 170 juta sebagai yang termahal.

Kelak Jadi Mobil Murah

Informasi Honda Brio kelak menggunakan suku cadang lokal hingga 80 persen. Pada tahap awal, PT Honda Prospect Motor (HPM) memang membawa citycar Brio CBU dari Thailand. Namun tahun depan, mereka memastikan akan mulai memproduksinya di pabrik kedua mereka di Karawang Industrial Park, Jawa Barat.

Kuat dugaan produk rakitan dengan 80 persen kandungan lokal itulah yang akan menjadi bagian dari program mobil murah LCGC tadi.

"Honda Brio sesuai rencana akan diproduksi di Indonesia tahun depan. Dalam prosesnya nanti konten lokal mencapai 40 persen. Doakan saja, di masa mendatang bisa mencapai 80 persen," urai Jonfis Fandy dalam sebuah kesempatan.

(kpl/why/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami