Awal Cerita Skutik Listrik Gesit ITS, Sampai Ditelanjangi Garansindo

Asal mula kemunculan motor skutik listrik Gesit ITS, CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah menjelaskan.

Jum'at, 13 Mei 2016 21:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Skutik listrik "Gesit" hasil kerja sama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Garansindo membuat heboh di tengah ramainya sepeda motor konvensional. Walau masih prototipe, kemunculannya menjanjikan dan memang rencananya akan diproduksi tahun depan.

Bagaimana asal mula kemunculan motor ini? CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah menjelaskan bahwa mulanya pihaknya yang juga mendistribusikan moge listrik Zero ini ingin menepis anggapan bahwa Indonesia cuma jago bikin skutik listrik "mocin"

"Listrik Indonesia masih belumlah infrastrukturnya. Motor kalau listrik paling canggih adalah Zero. Motor listrik yang ada di Indonesia, mayoritas yang skutik, kan didominasi mocin. Mocin kan ada yang mocin KW 1, mocin KW 2. Mocin KW paling bagus sekalipun masih menggunakan teknologi yang bisa dibilang jadul," ujarnya.

Sebelum Gesit, kecanggihan motor listrik hanya bisa dilihat dari Zero, yang memakai belt dan segala macam. Gesit pun muncul dari tantangan Garansindo kepada ITS.

"Anak-anak ITS itu pakar-pakar semua. Mereka sudah bikin mobil listrik, mobil solar, segala macam. Waktu itu gue tantang mereka, kalau gue bikin electric scooter, gue mau yang teknologinya mirip Zero. Ibaratnya kayak motor Jepang, dan kecepatannya yang kencang-lah."

Lantas, teknologi Zero pun diuraikan supaya juga bisa diadopsi pada si calon skutik.

"Anak-anak ITS yang dipimpin Pak Nur, dia kan S-3 lulusan Inggris, gue kasih Zero, Zero bantu juga," kata Muhammad Al Abdullah atau biasa disapa Memed ini.

Setelah jadi, Memed pun berani menelanjangi sepeda motornya. Ia melakukan hal itu dengan sengaja saat memamerkannya dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS).

"Makanya begitu prototipe dikeluarin di IIMS, sengaja ditelanjangin. Kenapa? Satu pesannya, biar orang tahu, lihat barangnya kalau jeroannya ini bukan cuma copotan re-badge pakai merek lain. Ini benar-benar murni bikinannya ITS. Kalau dipakaiin baju, orang-orang nebaknya ah ini pakai ininya ini, ininya ini. Yang datang (ke IIMS) kan banyak orang ahli," ujarnya.

News Motor Listrik Lainnya

    (kpl/fid/why/rd)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami