Aturan Ganjil Genap Mulai Berlaku, Pengguna Tol Jakarta Cikampek Berangkat Pagi Buta

Peraturan nomor polisi (nopol) ganjil-genap mulai diberlakukan sejak hari ini (12/3). Hal ini rupanya memicu pengguna Tol Jakarta-Cikampek untuk berangkat lebih pagi.

Senin, 12 Maret 2018 12:25
Foto : Ganjil genap Tol Jakarta-Cikampek. ©2018 Merdeka.com/Muhammad Hasits
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Peraturan nomor polisi (nopol) ganjil-genap mulai diberlakukan sejak hari ini (12/3). Hal ini rupanya memicu pengguna Tol Jakarta-Cikampek untuk berangkat lebih pagi. Pengendara berangkat sebelum aturan tersebut diberlakukan pada pukul 06.00 WIB.

Kondisi tersebut disampaikan oleh kata Kepala Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek Bambang Prihantono. Dilansir dari Merdeka.com, ia mengatakan bahwa terdapat perubahan pergerakan angkutan penumpang dan barang.

"Mereka lebih pagi keluar dari rumah dan ada percepatan pergerakan hingga terjadi penumpukan pada pukul 05.00-06.00 WIB," tuturnya.

Tak hanya itu, aturan ganjil-genap juga menyebabkan penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Bekasi Barat 1 dan Bekasi Barat 2 serta Tol Bekasi Timur. Kepadatan ini pun membuat kendaraan bernopol genap urung melalui jalan tol.

Namun, kepadatan mulai terurai pada pukul 06.45 WIB. Tidak hanya menjelang pintu masuk tol, pada KM 16 hingga KM 18 arah Jakarta pun terpantau lancar.

Meski demikian, tak sedikit pengendara yang masih belum memahami aturan tersebut. Untuk mengatasi hal itu, puluhan personel gabungan dari Dinas Perhubungan, PT Jasa Marga, dan kepolisian disiagakan tepat di depan Gerbang Tol Bekasi Barat.

Selain itu, petugas sudah menyiapkan titik putar sekitar 200 meter sebelum gerbang tol. Hal ini dilakukan untuk mengarahkan kendaraan bernopol ganjil yang dilarang untuk masuk ke jalur arteri Kota Bekasi.

Kemacetan di sekitar Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan pun terlihat lancar dengan pemberlakukan ganjil-genap. Sebelumnya, daerah tersebut selalu disergap kemacetan pada jam sibuk.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami