Asal Mula 4 Cincin Milik Audi

Merek mobil mewah asal Jerman, Audi, memiliki sejarah panjang tentang lambang 4 cincin miliknya.

Selasa, 21 Februari 2017 12:15
Foto: YouTube/Audi
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Nama pabrikan mobil asal Jerman, Audi, mungkin tidak sepopuler rivalnya seperti BMW dan Mercedes-Benz. Namun, cerita dibalik terbentuknya Audi tidak kalah rumit.

Perusahaan ini pada awalnya berdiri tahun 1909 oleh August Horch. Mobil pertama ciptaan Audi, Audi Tipe A 10 bertenaga 22 hp Sport-Phaeton, diproduksi tahun 1910 di Zwickau.

Setelah berbagai rentetan kejadian, August Horch meninggalkan perusahaan ini tahun 1920 karena diangkat menjadi Menteri Transportasi.

Bulan Agustus 1928, Jorgen Rasmussen, pemilik perusahaan DKW mengakuisisi sebagian besar saham Audi. Rasmussen juga membeli perusahaan mobil Amerika Rickenbaker, termasuk peralatan pengembangan untuk mesin 8 silinder.

Mesin tersebut digunakan di Audi Zwickau dan Audi Dresden yang diluncurkan setahun kemudian. Pada saat itu, mobil-mobil Audi merupakan mobil mewah dengan pengerjaan yang khusus.

Tahun 1932, Audi bersama dengan Horch, DKW, dan Wanderer bergabung membentuk Auto Union. Sebelum adanya Perang Dunia II, Auto Union-lah yang membuat logo Audi berupa cincin 4 buah yang saling menyambung satu sama lain itu, yang masih digunakan sampai sekarang. Pada zaman itu, lambang itu digunakan untuk menandakan bersatunya 4 merek tersebut.

Kantor Pusat Auto Union baru di Jerman Barat didirikan di Ingolstadt, Bavaria dengan pinjaman dari Pemerintah Bavaria dan Marshall Plan. Perusahaan baru ini diluncurkan 3 September 1949 dan melanjutkan tradisi DKW untuk memproduksi mobil berpenggerak mobil depan bermesin 2 tak.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Auto Union ini pernah dibeli oleh Mercedes-Benz tahun 1958. Tapi Mercedes-Benz tidak memfokuskan pada merek ini sehingga tidak bisa menghasilkan untung. Maka tahun 1964, saham Auto Union diambil 50% oleh Volkswagen.

Di tahun 1969, nama perusahaan berganti menjadi Audi NSU Auto Union AG, setelah Auto Union bergabung dengan NSU. Tercatat pernah meluncurkan beberapa tipe mobil seperti Audi 100, Audi 80 dan Audi 50.

Nama perusahaan ini berganti lagi tahun 1985 menjadi hanya Audi AG saja karena merek NSU dan Auto Union sudah tidak dipakai lagi. Hingga hari ini, Audi AG masih bermarkaskan di kota kecil bernama Ingolstad meskipun namanya mendunia.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami