Asal Muasal Wiper Mobil, Ternyata Penemunya Seorang Wanita!

Siapa sangka, penemu wiper mobil ternyata seorang wanita. Begini kisahnya...

Minggu, 19 April 2020 10:00
Asal Muasal Wiper Mobil, Ternyata Penemunya Seorang Wanita! Wiper mobil (topgear.com.ph)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Wiper merupakan part penting bagi sebuah mobil, apalagi ketika hujan. Tanpa wiper, kaca mobil yang kehujanan akan kehilangan visibilitasnya dan rawan membahayakan pengendara.

Benda sederhana yang besar fungsinya ini rupanya ditemukan oleh seorang wanita. Ia adalah Mary Anderson.

Penemuan hebat itu bermula ketika Anderson berkunjung ke New York City pada tahun 1902.

 

 

1 dari 3 Halaman

Mary Anderson (Encylopedia of Alabama)

"Saat itu ia sedang menaiki streetcar (sejenis tram) dengan cuaca bersalju," ungkap Sara-Scott Wingo, pimpinan Gereja Emmanuel Episcopal di Richmond yang masih memiliki garis keturunan dengan Mary Anderson, seperti dikutip oleh npr.org.

Wingo menceritakan ketika di dalam streetcar, Anderson melihat sopir kendaraan umum tersebut bolak-balik berhenti dan keluar untuk membersihkan kaca depan. Hal itu tentu mengganggu perjalanan.

Anderson melamun dan berangan-angan, "Bagaimana bila ada sebuah alat yang dapat menyapu bersih windshield sehingga sopir tidak perlu lagi keluar dari kendaraan?"

Angan-angan itu terngiang-ngiang dalam pikiran Anderson. Ketika kembali ke Birmingham, ia mencurahkan idenya itu dalam sebuah sketsa dan menuliskan deskripsi singkat tentang fungsi dan penggunaannya.

 

2 dari 3 Halaman

Akhirnya, karya itu menjadi paten yang didokumentasikan pada 18 Juni 1903. Beberapa bulan berikutnya, tepatnya 10 November 1903, United States Patent Office meresmikan paten tersebut dengan nomor 743,801 dan diberi nama Window Cleaning Device.

Perjalanan Anderson untuk mewujudkan patennya menjadi kenyataan, membutuhkan waktu yang sangat panjang. Ia bahkan berkali-kali ditolak perusahaan besar karena menganggap konsep wiper ciptaannya tidak memiliki daya jual tinggi.

 

3 dari 3 Halaman

Window Cleaning Device (The United States Patent and Trademark Office)

Hingga akhir usianya, Anderson masih belum melihat sendiri wiper yang diproduksi dari ide cemerlangnya itu.

Npr.org menuliskan, meski Anderson tidak pernah mendapatkan uang dari penemuannya, ia setidaknya masih mendapatkan kredit. Tahun 2011 silam, nama Mary Anderson dinobatkan sebagai tokoh penemu paling berpengaruh di dunia dan tercatat dalam Inventors Hall of Fame.

(kpl/sdi)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami