Arti Lima Warna Pelat Nomor di Indonesia

Pelat nomor yang sering terlihat berwarna hitam, padahal ada 4 warna pelat nomor lainnya. Masing-masing warna pelat nomor memiliki peruntukan yang berbeda.

Rabu, 09 Oktober 2019 20:45
Arti Lima Warna Pelat Nomor di Indonesia Warna pelat nomor (TMC Polda Metro)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Warna dasar Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) ada lima. Tapi yang kerap terlihat hanya warna hitam, kuning, dan merah.

Kasubdit BPKB Dit Regident Korlantas Polri, Kombes Pol Taryadi menjelaskan, masing-masing warna dasar TNKB itu memiliki peruntukan berbeda.

"Saat ini ada lima warna pelat nomor yang disesuaikan dengan peruntukannya. Jadi memang setiap warna memiliki maksud dan identitas berbeda," jelasnya, disitat dari Liputan6.com.

1 dari 1 Halaman

Arti Warna Pelat Nomor

Warna dasar hitam yang paling banyak terlihat adalah identitas untuk kendaraan berbeda. Sedangkan untuk kendaraan umum seperti taksi, angkutan kota, dan bus kota menggunakan pelat nomor berwarna kuning.

Nah jika Otolovers melihat mobil yang menggunakan pelat nomor merah, itu artinya kendaraan tersebut adalah kendaraan dinas pemerintah.

Sementara itu, warna dasar putih biasa dipakai untuk kendaraan kepala diplomatik negara asing. Nah, yang paling jarang terlihat adalah pelat nomor warna hijau, karena dipakai untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami