Apakah R25 Juga Buatan Indonesia?

Yamaha R25 akhirnya diperkenalkan ke publik sesuai gembar-gembar Hari Kebangkitan Nasional, yakni pada 20 Mei ini. Namun, sekalipun diposisikan dengan rasa yang mengundang nasionalisme, R25 bukan garapan Indonesia.

Selasa, 20 Mei 2014 19:15
Yamaha R25 (Foto: YMI)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Yamaha R25 akhirnya diperkenalkan ke publik sesuai gembar-gembar Hari Kebangkitan Nasional, yakni pada 20 Mei ini. Namun, sekalipun diposisikan dengan rasa yang mengundang nasionalisme, R25 bukan garapan Indonesia.

"Memang Indonesia terlibat. Karena ini juga merupakan produk global, dan juga dipakai secara global. Desainnya hasil masukan dari negara-negara Eropa, Asia, hingga Amerika Selatan," ujar Raditya, Brand and Product Strategic Staff PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pemilihan dilakukan secara moderat. Tiap negara bahkan disuguhkan banyak desain untuk dipilih. Raditya mencontohkan lampu sebagai salah satu di antaranya.

"Misalnya desain lampunya (lampu utama). Dari 88 desain, nah mayoritas negara yang ikut andil mendesain akhirnya memilih desain lampu yang seperti sekarang ini, seperti yang kita lihat sekarang. Ini dipilih (termasuk Indonesia)," tambahnya.

Yamaha R25 dilego dengan harga Rp 53 juta on-the road. Mesinnya sudah dua silinder, berbeda dengan produk serupa yang ditawarkan kompetitor.

Mesin tersebut tipe 4-Langkah, 8 katup DOHC dan berpendingin cairan. Daya maksimumnya 26,5 KW(36 PS) @ 12.000 rpm, sementara torsi maksimum 22,1N.m @ 10.000 rpm. Daya itu menjadi yang teratas di kelasnya, bahkan lebih tinggi dari Kawasaki Ninja 250. 

Deretan Berita Hot Yamaha R25

(kpl/why/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami