Apakah Metode Jalan 'Resleting' ini Cocok Diterapkan di Jakarta?

Dengan sistem mekanisme pengalokasian line untuk lajur yang berbeda di waktu tertentu, jalan tol San Diego bebas dari kemacetan!

Senin, 06 April 2015 22:15
Zipper lane (Foto: Youtube ABC 10 News)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Di negara maju seperti Amerika Serikat, penggunaan teknologi yang baru sudah lama diberlakukan demi menunjang kelancaran transportasi umum. Seperti yang satu ini, di Daerah San Diego, sebuah van diterjunkan untuk mengatur line jalan selayaknya mengatur 'resleting'.

Hal ini diberlakukan di jalan tol interstate San Diego yang merupakan jalan tol panjang dan salah satu yang tersibuk di Amerika Serikat. Tujuan dari penggunaan metode ini adalah untuk mengalokasikan space line yang ada di lajur saat jam sibuk.

Tidak hanya mobil van khusus, tapi portal sebagai pembatas jalan juga disetting khusus dengan model 'berantai' supaya tidak terpisah satu sama lain saat diatur oleh mobil van yang diterjunkan. Hal ini memungkinkan supaya saat jam sibuk, line bisa diperbesar sampai satu jalur.

Sementara itu, jika jam sibuk sudah berakhir, maka mobil van yang bertugas bisa mengembalikan batas portal yang sudah diatur ke line yang semula, sehingga kapasitas lajur kembali seperti sebelum 'digeser'. Bisa tidak ya diterapkan di jalur kemacetan Jakarta?

JANGAN LEWATKAN YANG MENARIK LAINNYA, OTOLOVERS!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami