Apa Untungnya Mobil dengan Mesin di Posisi Depan?

Ada keuntungan dan kelemahan dari mobil bermesin depan, apa saja? Yuk simak selengkapnya.

Jum'at, 22 Mei 2020 11:15
Apa Untungnya Mobil dengan Mesin di Posisi Depan? Ilustrasi mobil bermesin depan (heacockclassic.com)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Mobil-mobil zaman sekarang yang umumnya dijual di Indonesia, menggunakan mesin yang diletakkan pada posisi depan. Lihat saja MPV seperti Xpander, Ertiga atau Avanza yang laris manis di pasaran, semua menggunakan mesin di depan. Lantas, apa sih untungnya?

Menurut American Driver and Traffic Safety Education Association (ADTSEA), mobil dengan mesin di depan lebih menguntungkan secara finansial dan kepraktisan. Menurut mereka, tipikal mesin mobil seperti ini lebih mudah dijangkau untuk perbaikan dan perawatan.

1 dari 3 Halaman

Pertimbangan lainnya ialah faktor ruang kabin yang makin lapang dan dapat diisi tiga baris penumpang, sehingga akomodasinya dijamin lega. 

Tingkat kenyamanan pun diklaim lebih baik karena ruang mesin yang tidak berbatasan langsung dengan ruang kabin. Hal inilah yang membuat suara di ruang penumpang lebih senyap dan menekan polusi suara mengganggu pengendara. 

Faktor lainnya terletak pada distribusi bobot kendaraan yang lebih merata. Dalam penelitian Bondurant ‘Blakemore tahun 1998 disebutkan, umumnya mobil memiliki perbandingan bobot depan dan belakang 50-66% sehingga pengendalian lebih stabil. 

 

2 dari 3 Halaman

Meski demikian, bukan berrarti mobil bermesin depan tidak memiliki kelemahan. 

Melansir dari sumber yang sama, penempatan mesin di posisi depan mengurangi kemampuan pengereman. Penelitian yang diinisiasi oleh Karasa pada tahun 2011 mengonfirmasi bahwa perpindahan berat yang terlalu condong ke depan justru membuat rem harus bekerja ekstra, sedangkan bobot belakang mobil relatif lebih ringan justru membatasi kontribusi ban belakang dalam pengereman.  

 

3 dari 3 Halaman

Selain itu, menurut hasil penelitian Scotti di tahun 1995, akselerasi mobil diterangkan sedikit terganggu karena kurangnya berat statis di atas ban belakang, karena beban bergeser ke belakang ketika memulai kelajuan. 

Terlepas dari kekurangan di atas, mobil bermesin depan punya banyak keuntungan dan tentu saja sudah banyak teknologi terkini untuk menanggulanginya. Itulah sedikit alasan mengapa mobil bermesin depan cukup populer hingga saat ini. 

 

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami