Apa Saja Titik Kendala Jelang Mudik 2014?

Wakakorlantas Polri Kombes Pol Sambudi Gusdian selaku pembicara menegaskan beberapa arahan Kakorlantas Polri Irjen Pol Pudji Hartanto yang menitipkan beberapa pesan dalam menghadapi arus mudik 2014.

Selasa, 29 April 2014 11:30
Mudik, tradisi lama yang masih mengakar kuat (Source foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Sejumlah hal diperkirakan masih menjadi kendala dalam arus mudik tahun ini. Hal tersebut menjadi bagian dari pembahasan dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Permasalahan Lalu Lintas Hasil Survey Terpadu Jalur Mudik Lebaran Tahun 2014 yang digelar oleh Korlantas Polri bersama sejumlah pihak terkait, di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan Bina Marga.

"Rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan, adanya perlintasan kereta api bahkan ada yang tanpa palang pintu, lokasi rawan banjir dan longsor, pasar tumpah di beberapa titik, bahkan sampai permasalahan sumbangan pembangunan masjid di jalan raya," demikian seperti disampaikan Humas Polri.

Persoalan-persoalan tersebut diperoleh berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim dari Korlantas Polri bersama pihak Jasa Marga dan Dinas Pekerjaan Umum pada 17-21 Maret 2014. Dua tim survei dikerahkan oleh Korlantas Polri dengan menelusuri jalur Sumatera dan Jawa.

Wakakorlantas Polri Kombes Pol Sambudi Gusdian selaku pembicara menegaskan beberapa arahan Kakorlantas Polri Irjen Pol Pudji Hartanto yang menitipkan beberapa pesan dalam menghadapi arus mudik 2014.

Pesan tersebut yakni terus mengimbau masyarakat bahwa penggunaan sepeda motor saat mudik adalah sesuatu yang berbahaya. Kedua, memberikan fasilitas mudik gratis. Ketiga, memberikan perhatian khusus kepada pihak Organda agar memperhatikan bus-bus mereka untuk menjamin terselenggaranya pelayanan menyangkut masalah keselamatan.

Pokok ketiga, terus meningkatkan kerja sama antarpemangku kepentingan di wilayah yang memiliki kepentingan menyangkut keselamatan berlalu lintas.

Menurut Wakakorlantas Polri Kombes Pol Sambudi Gusdian, selama Operasi Ketupat 2013 lalu, banyak pihak yang memberikan apresiasi lebih terhadap anggota kepolisian dan para pendukung lain atas keberhasilannya meminimalkan angka kecelakaan saat puncak arus mudik.

"Namun hal ini jangan dijadikan sebagai kebanggaan tanpa perbaikan. Tahun 2014 ini Ops Ketupat harus lebih baik dari tahun kemarin," ujarnya.

BERITA UNIK DAN MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami