Tampilan Nyaris Serupa, Bagaimana Cara Bedakan Honda PCX Hybrid vs Standar?

Perbedaan utama keduanya bukan cuma terlihat dari konfigurasi dapur pacu di mana kemampuan hybrid didukung oleh dua mesin sekaligus.

Jum'at, 10 Agustus 2018 06:00
Tampilan Nyaris Serupa, Bagaimana Cara Bedakan Honda PCX Hybrid vs Standar? Foto by AHM

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) akhirnya secara resmi meluncurkan varian baru Honda PCX Hybrid untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Motor hibrida premium tersebut dibanderol dengan harga Rp41 jutaan on the road Surabaya.

Honda PCX sendiri merupakan motor pertama hibrida di dunia dan kini bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Yang menarik perhatian, model hybrid dan standar PCX sebenarnya memiliki grand design yang tidak jauh berbeda.

Perbedaan utama keduanya terlihat dari konfigurasi dapur pacu di mana kemampuan hybrid didukung oleh dua mesin sekaligus, yaitu bahan bakar minyak dan listrik.

Namun menurut Technical Development Dept Head MPM, Naim Mudhori, masih ada beberapa bagian yang membedakan dua varian tersebut.

1. Luggage Box

Tanpa adanya tambahan batrei, luggage box yang dimiliki Honda PCX standar jauh lebih lapang ketimbang tipe hybrid. Secara teknis, PCX standar mempunyai luas luggage box sebesar 28,8 liter, sedangkan hybrid 23,2 liter. 

2. Headlight

Corak dasar headlight Honda PCX standar identik dengan putih LED. Namun untuk LED PCX Hybrid mengusung aksen biru. 

3. Taillight

Jika lens taillight Honda PCX standar terdapat warna merah pada bagian atas, berbeda lagi dengan hybrid. Aksen atasnya diserasikan dengan headlight beraksen biru dan lens taillight-nya dibikin transparan. 

4. Meter Assy, Combination

Pembeda berikutnya ada pada fitur-fitur yang ada pada panel meter utama atau dashboard motor. Karena ada penambahan batrei litihium yang dimiliki oleh tipe hybrid, jelas indikator pun turut ditambah sehingga lebih kompleks. 

Honda PCX Standar:

Honda PCX Hybrid:

SpeedometerSpeedometer
Fuel meterFuel meter
OdometerOdometer
TripTrip
Average Fuel ConsumptionAverage Fuel Consumption
ClockClock
MILMIL
Termperature IndicatorTermperature Indicator
ISS Ind.ISS Ind.
ABS Ind.ABS Ind.
Smart Key Ind.Smart Key Ind.
Oil Change IndOil Change Ind
Pengaturan KecerahanPengaturan Kecerahan
Battery Lithium Ind.
SOC Battery Lithium Ind.
Charger Ind.
Assist Level Ind.
Mode Assist

 Versi standar Honda PCX tidak selengkap tipe hybrid. Untuk hybrid sendiri...

1 dari 1 Halaman

Switch Handlebar

imageSwitch Handlebar

6. Switch Handlebar

Versi standar Honda PCX tidak selengkap tipe hybrid. Untuk hybrid sendiri sudah dilengkapi dengan dua fitur tersebut yang secara otomatis terdapat button riding mode (pada handle bar kanan) dan swith cut off engine (pada handle bar kiri). 

7. Battery

Tanpa perlengkapan hybrid, Honda PCX standar dilengkapi hanya dengan satu lead-acid battery 12v-5Ah. Namun khusus PCX Hybrid, terdapa dua batrei pendukung yaitu Lead-acid Battery (sama dengan yang pada tipe standar) dan Lithium-Ion Battery 50,4v-4Ah. 

8. Komponen Kelistrikan

Honda PCX Standar hanya dilengkapi dengan ECM (Engine Control Module) saja. Sedangkan PCX Hybrid dilengkapi komponen yang lebih kompleks antara lain PDU, Down Regulator dan Juction Unit. 

9. Smart Key

Hal yang paling sederhana untuk membedakan antara Honda PCX Hybrid dengan tipe standar, bisa dilihat dari warna smart key mereka. Smart key Honda PCX Hybrid identik dengan corak biru dan tipe standarnya berwarna putih. 

10. ACG Starter

Dilihat dari komponen yang lebih mendalam, PCX Standar dilengkapi dengan Alternator Capacity 0,255 kW/5.000 rpm. Komponen tersebut beda dengan PCX Hubrid yang memiliki Alternator Capacity 0,44 kW/5.000 rpm. 

 

Switch Handlebar

(kpl/sdi)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami