Apa Masalah Calya-Sigra Jika Pakai BBM Premium?

Dengan labelnya sebagai mobil LCGC, Calya-Sigra seharusnya menenggak bahan bakar beroktan minimal 92.

Sabtu, 12 November 2016 21:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Calya-Sigra sebagai low cost green car atau LCGC sama-sama ditetapkan menggunakan bahan bakar dengan RON tinggi sekelas Pertamax. Hal ini terkait dengan kompresi mesin yang juga tinggi.

Bagaimana jika Calya-Sigra diisi premium? Hal ini pun mungkin terjadi ketika Pertamax belum tersedia di suatu daerah.

Pada dasarnya, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) Premium tidak menjadi masalah, seperti dikatakan Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor Anjar Rosjadi.

"High compretion sendiri kan butuh BBM dengan oktan tinggi. Kalau memang di daerah tertentu tidak ada Pertamax dan lainnya, penggunaan bahan bakar Premium pada dasaranya sebenarnya tidak masalah," ujarnya.

Ia kemudian mengatakan efek yang ditimbulkan jika LCGC menggunakan BBM Premium.

"Optimum performance-nya tentu tidak akan didapat karena kan tidak sesempurna kalau dia pakai oktan tinggi karena kompresinya tinggi. Ketika itu digunakan secara terus-menerus, ya kan kalau efek pembakaran tidak sempurna efeknya apa? Karbon pembakaran. Lama-lama engine ya bisa kotor."

"Namun itu sebenarnya jangan panjang loh. In the short run, seperti dalam jangka pendek sih sebenarnya enggak masalah. Yang dikorbanin efisiensi sama performance."

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami