Apa Hebatnya Skutik Bongsor Saingan Yamaha T-Max Ini?

Khusus AK550, Kymco menempatkannya sebagai skutik premium yang sarat dengan fitur modern. Walaupun Kymco belum membeberkan harga resmi, kabarnya motor impor ini dijual sekitar Rp 300 juta.

Selasa, 24 April 2018 11:32
Apa Hebatnya Skutik Bongsor Saingan Yamaha T-Max Ini? Foto by Nazar Ray

Editor : Nurrohman Sidiq
Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Produsen asal Taiwan memboyong dua skuter matik (skutik) terbarunya pada IIMS 2018. Menempati Hall C1, PT Smart Motor Indonesia (SMI) selaku agen pemegang merek Kymco di Indonesia memperkenalkan New Like 150i dan sekutik bongsor AK550.

Khusus AK550, Kymco menempatkannya sebagai skutik premium yang sarat dengan fitur modern. Walaupun Kymco belum membeberkan harga resmi, kabarnya motor impor ini dijual sekitar Rp 300 juta.

"Harganya masih kita rahasiakan, karena di IIMS ini sifatnya hanya soft launching saja," kata Chandra dari SMI.

Di Eropa Kymco AK550 terbilang populer dan dihadirkan sebagai penantang Yamaha TMAX 530 cc yang di Indonesia dijual Rp 220 juta.

Spesifikasi Kymco AK550

Dari sosoknya yang besar, matik premium ini punya bodii sporty dengan lekukan tajam, pencahayaan full LED dengan emblemdidesain dengan baik dan multi tekstur. Dua buah lampu utama didesain secara modern dan tajam, yang dipercantik dengan winshield berukuran besar. Sementara lampu sein terpasang di bagian bawah lampu utama dengan mengikuti alur bodi.

Posisi duduk yang tegak cukup enak saat dipakai touring atau perjalanan jauh. Hal ini ditunjang dengan jok yang memiliki busa tebal, dan dilengkapi punuk di sisi tengah.

Sementara pada bagian buritan terpasang behel model tanduk, lalu stop lamp berukuran besar, serta bentuk bodi dengan detail garis tajam. Masih dibagian belakang, model knalpot besar sepadan dengan ukurannya yang bongsor.

Harga yang fantastis sebanding dengan beberapa fitur lain yang disematkan. Kymco AK550 diantaranya punya petunjuk dasbor yang terkoneksi dengan smartphone pemiliknya.

Begitu smartphone terbubung dengan AK550, pengendaranya dapat membuat atau memilih salah satu dari jenis connected scooter experience yang terhubung dengan smartphone.

Jika parkir di tempat yang padat, pemiliknya akan dipandu melalui smartphone untuk mengetahui letak motor. Melalui Noodoe secara otomatis mengingat lokasi saat pemiliknya memarkir motornya.

AK 550 punya dua mode pengendaraan, full power dan rain mode.

Dasbor Kymco AK550

Pada dasbor pintarnya dapat dipersonalisasi pemiliknya. Ada Mode Ride memberi laporan cuaca saat mulai berkendara, memandu pemiliknya ke tempat tujuan dengan fitur Smart Compass, menunjukkan apa yang ada di sekitar pengendara, menampilkan informasi seberapa cepat laju kendaraan, dan informasi waktu

Saat berhenti – misalnya di lampu merah – dengan fitur stop mode memberi kesempatan pengendaranya melihat hal-hal penting di dasbor. Fitur ini menginformasikan penggilan yang terlewat, melirik pesan sms, whatsapp, notifikasi sosial media, berita terbaru, hingga informasi lainnya secara real time. Fitur follow, following, dan unfollow juga terdapat dalam sosial media yang dibangun di Noodoe Cloud.

Bagasinya mampu menampung helm full face atau half face. Ada juga dua bagasi depan untuk sarung tangan atau menyimpan barang-barang yang lebih kecil. Satu lagi adalah USB charger smartphone di bagasi depan sebelah kiri stang kemudi.

Motor ini dibangun dengan rangka aluminium, memberikan bobot ringan dan rigid. Beratnya 228 kilogram.

Matik yang sudah memenuhi standar emisi Euro 4 ini punya pusat gravitasi rendah. Semua komponen bodi kendaraan dibuat khusus hingga mendekati 50-50 depan sampai belakang untuk keseimbangan berat. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 14,5 liter.

1 dari 1 Halaman

Kaki-kaki Kymco AK550

Kaki-kaki Kymco AK550

Kymco AK550 dipasangkan ban premium Metzeller berukuran 120/70-R15 pada bagian depan dan 160/60-R15 di belakang. Dengan ban yang punya kualitas baik ini membuat pengendaranya makin nyaman saat melakukan cornering.

Ban radial yang dikombinasikan dengan desain roda aluminium berongga bertekanan rendah dan berfungsi untuk mengurangi berat unsprung (beban yang tidak ditopang oleh pegas).

AK 550 dibekali rem ABS Bosch 9.1 depan dan belakang dan mengaplikasi suspensi upside down di depan dengan dua kaliper disk brake Brembo berdiameter 280mm, serta single disc brake 260 mm di belakang.

Model ini juga mengadopsi teknologi peredam, memisahkan berat mesin dan transmisi. Mengurangi berat unsprung dari suspensi belakang, dan membantu menjaga roda menapak ke tanah.

AK 550 dibekali mesin 550cc pendingin cairan, dua silinder DOHC, 8 valve, smooth dan responsif, dengan daya yang dihasilkan mencapai 39,3 kW.

Jadi pilih mana, Kymco AK550 atau Yamaha TMAX?

(kpl/nzr/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami