Apa Bedanya New Veloz 1.5, New Avanza 1.5 G dan Grand New Xenia 1.5 R Deluxe?

Sama-sama pakai mesin 1.500 cc, perbedaan apa saja yang terdapat pada New Veloz 1.5, New Avanza 1.5 G dan Grand New Xenia 1.5 R Deluxe?

Rabu, 16 Januari 2019 17:15
Daihatsu Grand New Xenia (Daihatsu.co.id)
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Ikbal

Otosia.com - Pada peluncuran Grand New Xenia kemarin (15/1/2019), Daihatsu turut memperkenalkan pilihan mesin baru dari Grand New Xenia yaitu mesin berkapasitas 1.5 liter. Keputusan Daihatsu menghadirkan Grand New Xenia dengan pilihan mesin 1.5 liter tentu membuat orang bertanya-tanya, mengingat pilihan mesin ini sudah tersedia di ‘saudara kembar’nya yaitu Toyota New Avanza dan New Veloz.

Jika urusan dapur pacu keduanya sama-sama memiliki mesin berkapasitas 1.5 liter, lalu fitur-fitur apa yang membedakan dari ketiga mobil bersaudara ini?

Pada peluncuran Grand New Xenia kemarin (15/1/2019), Daihatsu turut memperkenalkan pilihan mesin baru dari Grand New Xenia yaitu mesin berkapasitas 1.5 liter. Keputusan Daihatsu menghadirkan Grand New Xenia dengan pilihan mesin 1.5 liter tentu membuat orang bertanya-tanya, mengingat pilihan mesin ini sudah tersedia di ‘saudara kembar’nya yaitu Toyota New Avanza dan New Veloz.

Daihatsu Grand New Xenia

Jika urusan dapur pacu keduanya sama-sama memiliki mesin berkapasitas 1.5 liter, lalu fitur-fitur apa yang membedakan dari ketiga mobil bersaudara ini?

Eksterior

Pada bagian eksterior, terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara New Avanza 1.5, New Veloz dan Grand New Xenia 1.5. Persamaan yang mereka miliki terletak pada grille bagian atas yang sama-sama menggunakan warna krom, hanya saja perbedaan ketiganya terdapat pada desain grille bagian tengah ke bawah.

Sebenarnya Avanza dan Xenia memiliki desain grille bagian tengah ke bawah yang hampir sama, hanya saja Grand New Xenia sedikit lebih banyak memiliki garnish krom. Perbedaan cukup drastis justru pada New Veloz 1.5,karena desain grille bagian tengah ke bawahnya sangat berbeda jauh dibanding saudara-saudaranya. New
Veloz 1.5 memiliki desain grille bagian bawah yang didominasi garis-garis cukup banyak dan rapat dengan garnish dark chrome. Sementara garis-garis grille pada New Avanza 1.5 dan Grand New Xenia 1.5 cenderung lebih longgar dan sedikit.

Untuk urusan lampu depan, ketiganya sama-sama menggunakan LED headlight dual layer yang terpisah. Grand New Xenia 1.5 memiliki desain bumper depan dan belakang yang sudah menggunakan aerokit.

Bergeser ke bagian samping, New Veloz 1.5 dan Grand New Xenia 1.5 memiliki desain side body molding serta side body skirt baru yang dilengkapi garnish krom. Namun bedanya, pada New Veloz 1.5 sudah dilengkapi oleh smart entry pada handle pintunya.

Toyota New Avanza

Ketiga mobil tersebut memiliki persamaan pada bagian sampingnya yaitu sudah dilengkapi spion dengan lampu sein. Namun, khusus untuk New Veloz 1.5 mendapatkan tambahan fitur auto folding. Pada Grand New Xenia 1.5 juga sudah dilengkapi front corner sensor.

Beranjak ke bagian belakang, ketiga mobil ini memiliki rear spoiler baru yang dilengkapi oleh stop lamp. Desain lampu belakang ketiganya pun sama yaitu model dual layer dengan list krom di bagian handle bagasi yang membentang di antara kedua lampu belakang.

Khusus pada New Veloz 1.5 memiliki tambahan aksesori pada bagian belakang nomor polisi diberikan ornament desain berwarna krom. Ketiga mobil ini kini memiliki antenna model shark fin.

Interior

Pada bagian Interior, Grand New Xenia 1.5 memiliki head unit 2DIN touchscreen keluaran Kenwood, sedangkan New Avanza 1.5 dan New Veloz 1.5 menggunakan head unit premium touchscreen. Hanya saja pada New Veloz 1.5 sudah mendapatkan rear seat entertainment.

Ketiga mobil sama-sama sudah memiliki 6 speaker, steering switch pada roda kemudinya, power outlet di ketiga barisnya, dan pengaturan AC secara digital. Khusus pada New Veloz 1.5 sudah dilengkapi oleh tombol start/stop engine.

Toyota New Veloz

Fitur Keselamatan

New Avanza 1.5 dan New Veloz 1.5 memiliki dual SRS Airbag, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, sistem pengereman ABS & EBD, Isofix, side impact beam, seatbelt tiga titik, dan front passenger seatbelt warning.

Sedangkan Grand New Xenia 1.5 hanya memiliki beberapa fitur keselamatan seperti dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS dan EBD.

Pelek dan Ban

Ketiga mobil ini sama-sama menggunakan velg aluminium namun dengan desain yang berbeda-beda. Hal yang cukup berbeda terletak pada ukuran ban. Grand New Xenia 1.5 menggunakan ban berukuran 185/70/R14 sedangkan New Avanza 1.5 dan New Veloz 1.5 menggunakan ban berukuran 185/65/R14.

Harga

Grand New Xenia 1.5 R Deluxe bertransmisi manual dipatok dengan harga Rp 218.050.000, sedangkan transmisi otomatisnya dibanderol Rp 228.950.000.

New Avanza 1.5 G bertransmisi manual dijual dengan harga Rp 221.050.000. Sayangnya, varian ini tidak memiliki pilihan transmisi otomatis.

Untuk New Veloz 1.5 bertansmisi manual memiliki harga jual Rp 227.650.000, sedangkan harga jual New Veloz 1.5 transmisi otomatis mencapai Rp 239.450.000.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 

(kpl/ikb/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami