Apa Arti Lampu Biru, Merah, atau Kuning di Mobil Petugas?

BUkan sembarangan, warna lampu di mobil petugas ternyata punya arti sendiri nih!

Senin, 28 Maret 2016 19:00
Ilustrasi: Mobil Polisi
Editor : Sony

Otosia.com - Lampu biru, merah, atau kuning adakalanya disalahgunakan mereka yang melakukan modifikasi di kendaraan bermotornya. Padahal, pemasangannya sendiri tidak bisa sembarangan, apalagi masing-masing ternyata punya kekhususan.

"Itu sudah diatur dalam undang-undang," kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cimahi Iptu Fiekry Adi Perdana.

Ia menerangkan bahwa warna lampu menandakan lembaganya. Biru adalah warna lampu di samping sirene yang digunakan oleh kepolisian, sedangkan merah dan kuning beda lagi.

"Yang menggunakan lampu biru dan sirene hanya Kepolisian Republik Indonesia, dan itu sudah diatur dalam UU. Merah untuk TNI dan pemadam kebakaran. Kuning untuk Jasa Marga," urainya.

Peraturan itu sendiri tertera di Pasal 59 UU Lalu Lintas bahwa lampu isyarat warna merah atau biru serta sirene berfungsi sebagai tanda bagi kendaraan bermotor yang memiliki hak utama. Sementara itu, lampu isyarat warna kuning berfungsi sebagai tanda peringatan kepada pengguna jalan lain.

Lampu isyarat warna biru dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lampu isyarat warna merah dan sirene digunakan untuk kendaraan bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah.

Lampu isyarat warna kuning tanpa sirene digunakan untuk kendaraan bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan, dan angkutan barang khusus.

(kpl/why/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami