Apa Arti Kode Motor-Motor Ini?

Beberapa pabrikan sepeda motor menamai produk mereka dengan kode. Tak hanya huruf, angka pun kadang menjadi identitas dari kendaraan roda dua tersebut.

Jum'at, 09 Maret 2018 17:15
Ilustrasi : motorcyclenews.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Beberapa pabrikan sepeda motor menamai produk mereka dengan kode. Tak hanya huruf, angka pun kadang menjadi identitas dari kendaraan roda dua tersebut.

Tak jarang, penggunaan kode ini membuat penyebutannya lebih sulit. Memang, beberapa pabrikan masih mempertahankan nama berupa kata, seperti, Kawasaki Ninja, Suzuki Satria, dan Yamaha Vixion.

Namun, beberapa motor baru menggunakan kode sebagai penamaannya. Tengok saja produk terbaru Suzuki, GSX-S 150 dan GSX-R 150. Hal ini tentunya mengundang tanya dari pemerhati sepeda motor di tanah air.

Berikut ini beberapa kepanjangan dari kode sepeda motor yang berhasil dihimpun oleh Otosia dari berbagai sumber.

1. Suzuki GSX

GSX series cukup terkenal di Indonesia bahkan dunia. Ternyata, 3 huruf tersebut adalah singkatan. G berarti Grand, S ialah Sport, dan X diambil dari kata Experimental.

Di belakangangnya pun kadang masih terdapat angka dan huruf lain. Pada GSX-R, R bermakna Racing. Pengkodean ini membuat semua motor dengan tambahan huruf R memiliki fairing dan bergenre sport. Sedangkan S pada GSX-S, berarti street atau tidak memiliki fairing.

2. Yamaha YZF

Pengkodean dengan huruf juga berlaku pada beberapa produk Yamaha. Salah satunya ialah YZ yang berasal dari kata Yamaha Zinger. Kode tersebut hanya berlaku pada motor 2 tak.

Sedangkan, pada motor 4 tak terdapat huruf F di belakang. Huruf F merupakan singkatan dari Four-stroke.

3. Honda CB

Salah satu varian motor Honda yang terkenal ialah CB. Ternyata, CB ialah singakatan dari City Bike. Ada juga kode CBR yang merupakan singkatan dari City Bike Racing.

4. Kawasaki KLX

Motor trail pabrikan Kawasaki ini telah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Seperti pada artikel sebelumnya, KLX adalah singkatan dari Kawasaki Light Cross. Di Jepang, orang biasa mengganti cross dengan huruf X.

Penyematan kata Light di tengah mengacu pada desain motor trail yang boleh dikendarai di jalan raya. Ada juga varian KX yang merupakan motor trail murni tanpa dilengkapi aksesori wajib jalan raya.

5. BMW GS

Seri GS pada produk BMW selalu memiliki postur tubuh yang besar. Hal ini disesuaikan dengan kepanjangan GS yang berarti Grand Sport.
Biasanya juga terdapat huruf lain di depan GS, seperti R dan F. Huruf R merupakan kode untuk produk yang mengusung mesin boxer. Sedangkan F mengacu pada penggunaan mesin inline.

Tak hanya huruf, angka pun dimasukkan dalam kode tersebut. Semua pabrikan menggunakan angka untuk menunjukkan kapasitas mesin dari produk mereka. Contohnya R1200GS, KLX 150, dan GSX-R 150.

R1200GS merujuk pada sepeda motor touring dengan mesin boxer. Angka 1200 merujuk pada mesin berkubikasi 1200cc yang terdapat pada motor tersebut.

Sedangkan, KLX 150 merupakan motor trail dengan status street-legal yang menggunakan mesin sebesar 150cc.

Hal itu juga berlaku untuk GSX-R 150. Berdasarkan kode tersebut, motor ini memiliki fairing dan mengusung mesin berkapasitas 150cc.

PENGETAHUAN BERGUNA LAINNYA OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami