Anti Repot, Begini Cara Mudah Merawat Vespa Tua

Salah seorang pengguna Vespa Super sejak 2012 berikan tips mudah anti repot dalam merawat motor jenis ini

Kamis, 09 Januari 2020 12:15
Anti Repot, Begini Cara Mudah Merawat Vespa Tua Pradipta Fadhli, pengendara Vespa Tua (Shaffa Maarij Kahfi)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Shaffa Maarij Kahfi

Otosia.com - Vespa merupakan salah satu alat transportasi klasik yang sering digunakan. Terlebih lagi bodi kokoh membuat vespa tua banyak diminati oleh kawula muda. Selain itu, perlu diketahui juga motor ini miliki beragam model, seperti Vespa PX, Vespa Excel, Vespa Super dan lain-lain.

Karena sudah berumur tua, sudah pasti perawatan yang dilakukan lebih banyak dan pemilik harus telaten. Namun bukan berarti perawatannya sulit ya Otolovers, Pradipta Fadhli, salah seorang pengguna Vespa Super sejak 2012 berikan tips mudah anti repot dalam merawat motor jenis ini.

"Merawat Vespa dapat terbilang mudah. Pengguna harus peka terhadap bunyi-bunyi yang muncul dari Vespanya, seperti suara yang timbul dari magnet kipas mesin, pertanda bahwa mungkin ada permasalah dari kopling atau lainnya", ujarnya.

1 dari 2 Halaman

Jangan lupa juga untuk mencukupi oli samping yang miliki peranan penting dari mesin dua tak. Apabila tak demikian maka mesin mudah panas dan piston yang sedang bekerja dapat tersangkut, sehingga membuat kinerja mesin Vespa tak optimal. Tetapi juga tak boleh terlalu banyak, oli samping yang terlalu banyak dapat di lihat dari busi yang basah.

Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah CDI. Mempunyai peranan paling penting dalam sebuah motor. CDI yang sudah rusak dapat diketahui dari knalpot Vespa yang sering nembak atau meledak. Keunggulan dari CDI sendiri, kekuatannya yang dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya, serta mudah untuk dipasang kembali.

2 dari 2 Halaman

Sedangkan untuk Vespa yang masih menggunakan platina disarankan untuk selalu mengecek kembali kendaraanya sebelum berpergian. Jika memang waktunya ganti, dapat dilihat dari platina yang sering tergeser.

Meluruskan kembali platina yang tergeser ke posisinya disarankan untuk tidak memukulnya karena dapat mengakibatkan baut platina menjadi ‘slek’ atau posisinya yang salah secara permanen. Kekurangan dari platina itu sendiri ada di letak yang berada di dalam magnet kipas. Membuat susah untuk mengeluarkan dan memasangkannya kembali.

Sesekali Vespa juga harus dibawa bepergian jauh untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan motor tersebut. Disarankan untuk membawa suku cadang yang penting, seperti tali kopling, tali gas, dan busi.

Reporter: Shaffa Maarij Kahfi

(kpl/mg/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami