Anti 'Damai' di Tempat, Polisi Pasang Kamera di Seragam untuk Cegah Pungli

Kamera pengawas ini bakal dipasang di tubuh petugas untuk mengawasi setiap gerakan yang mencurigakan bahkan terindikasi main 'damai' saat penindakan terjadi.

Jum'at, 07 Januari 2022 14:15
Anti 'Damai' di Tempat, Polisi Pasang Kamera di Seragam untuk Cegah Pungli Petugas melakukan penindakan pelanggaran ganjil-genap di Jalan MT Haryono, Jakarta (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroh)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Kasus pungli (pungutan liar) di tubuh Polri memang banyak diperbincangkan. Bulan November lalu, menurut Polda Metro Jaya, sebanyak 300 laporan praktik pungli yang dilakukan oknum polisi disebut masuk ke meja mereka.

Menyikapi berbagai kasus pungli dan penyalahgunaan wewenang, khususnya di jalan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menerbitkan rencana untuk melengkapi petugas di lapangan dengan Worn Camera.

 

 

1 dari 5 Halaman

Kamera pengawas ini bakal dipasang di tubuh petugas untuk mengawasi setiap gerakan yang mencurigakan bahkan terindikasi main 'damai' saat penindakan terjadi.

Menurut akun Instagram @Ddivisihumaspolri, penggunaan teknologi canggih ini berperan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparasi dalam melayani masyarakat.

 

2 dari 5 Halaman

"Worn Camera atau kamera pengawas juga mendukung upaya Polri dalam meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi," tulis akun itu, Rabu (5/1/2022).

Implementasinya nanti akan didahulukan di wilayah kerja Polda Metro jaya sebagai proyek percontohan.

3 dari 5 Halaman

Chip Pelat Nomor

Selain memasang kamera di tubuh petugas kepolisian, Polri juga akan memasang chip untuk pelat nomor mobil dan motor. Hal itu ditujukan dalam upaya memperkuat bidang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

Mengutip Polda Metro Jaya News (PMJNews), Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menyebutkan, pemasangan chip ini akan diterapkan pada pelat nomor jenis baru yang nantinya berwarna putih.

Langkah ini juga menjadi rencana besar Polri untuk mendukung implementasi yang menyeluruh dari penggunaan kamera ETLE.

4 dari 5 Halaman

"Untuk mendorong ETLE juga, karena nanti semuanya akan berbasis elektronik. Jadi di dalam pelat nomor itu akan ditanam chip dan tertera data-data dari pemilik kendaraan. Apabila tidak sesuai maka akan ditindak atau dikenakan tilang sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Yusri.

Lanjut Yusri, saat ini implementasi pelat baru dengan chip masih dalam proses persiapan. Setelah tuntas baru masuk tahapan sosialisasi, dan berakhir pada penerapan di lapangan.

"Tapi prosesnya masih panjang. Banyak yang harus kita persiapkan, mengenai aturan, data dan lain-lain. Tapi ke depannya akan mengarah basis teknologi," ungkapnya.

5 dari 5 Halaman

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami