Antara Mazda VX-1 dengan Negeri Bollywood

Kemunculan kembaran Suzuki Ertiga, Mazda VX-1, diharapkan membawa angin segar bagi penjualan MPV Mazda yang sebelumnya masih kosong ini. Lantas ada apa di balik kemunculannya?

Selasa, 14 Mei 2013 13:15
Mazda VX-1 (Source: Motorbeam)
Editor : Albert

Otosia.com - Kemunculan kembaran Suzuki Ertiga, Mazda VX-1, diharapkan membawa angin segar bagi penjualan MPV Mazda yang sebelumnya masih kosong ini. 

Dua varian ditawarkan, yakni Mazda VX-1 tipe V dan Mazda VX-1 R. Masing-masing dilepas dengan harga Rp 178,8 juta dan Rp 191 juta sudah termasuk pajak untuk wilayah Jakarta. 

Pertanyaannya yakni mengapa meskipun hampir semua detailnya sama persis dengan Suzuki Ertiga namun Mazda VX-1 memiliki harga lebih mahal. Perlu kita ketahui bersama bahwa perjanjian kerjasama Suzuki-Mazda untuk menghasilkan 'si kembar' berawal dari negeri Bollywood, India.

Mazda VX-1

Maruti Suzuki - India sebagai pihak yang menandatangani kontrak kesepakatan dengan Mazda untuk pembuatan Ertiga. Maruti merupakan produsen mobil terbesar di India, dengan demikian pihaknya mendapatkan keuntungan dari penjual mesin bensin Suzuki di bawah kap mesin Ertiga.

Mazda VX-1 yang beredar di Tanah Air tidak lain adalah pasokan CKD (completely knocked down) dari Maruti Suzuki kepada Suzuki Indonesia. Dari hal penyediaan unit VX-1 inilah yang menjadi salah faktor mengapa Mazda menjualnya sedikit lebih mahal daripada Ertiga.

Interior Mazda VX-1

Kesepakatan itu memberikan keuntungan kepada produsen India untuk memanfaatkan penjualan mesin bensin yang mulai menurun penjualannya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di beberapa negara belahan dunia seperti India dan Eropa sedang gencar-gencarnya mempromosikan mesin diesel dengan segala keunggulannya. Dan orang India lebih memilih mobil bermesin diesel daripada mesin bensin, tidak terkecuali Ertiga. 

Saat ini, pasokan unit (CKD) dari Maruti Suzuki ke Tanah Air diperkirakan lebih dari 50.000 unit per tahun dan diperkirakan akan meningkat mengikuti pasar MPV Indonesia yang sedang bergairah.

Mazda VX-1

(kpl/abe)

Artikel Terkait:

Harga Mazda Kembaran Ertiga Lebih Mahal

Alasan Mazda Membuat Kembaran Ertiga

Mobil Baru Mazda untuk Temani Hatchback-nya

Memanasnya Perang MPV, Siapa Terunggul?

Dijual Rp 178,8 Juta, Mazda VX-1 Baru Punya Transmisi Manual

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami