All New Kijang Innova, Evolusi Sang Legenda

Tetap konsisten sebagai ujung tombak Toyota, apa kali ini yang dijanjikan All New Kijang Innova? Berikut reviewnya!

Senin, 17 Oktober 2016 17:15
All New Toyota Kijang Innova (foto: OTO)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mempertahankan sesuatu yang sudah bagus lebih bijaksana daripada harus terus merombak mencari yang lebih baik lagi.

Istilah "Don't change a winning team" sempat populer di era kejayaan Sir Alex Ferguson saat melatih Manchester United. Baginya, mempertahankan tim juara lebih baik daripada merombak total untuk mencari formasi baru. Dengan satu catatan, skema dan susunan pemain sudah pas hanya tinggal pintar-pintar meraciknya dengan strategi jitu.

Toyota juga menganut paham yang sama, khususnya di pasar Indonesia. Bila Anda mengamati produk-produknya sejak 12 tahun belakangan, pasti akan sependapat. Tapi evolusi pasti akan terjadi dan harus terjadi demi kelangsungan hidup. Toyota Kijang Innova telah berusia 11 tahun yang pastinya butuh banyak perubahan dan penyegaran untuk mengamankan singgasananya. Dengan catatan, tanpa harus menghilangkan kunci kesuksesan Toyota Kijang selama ini.

Desain merupakan faktor penting dalam evolusi sang legenda. Secara garis besar, tampilan All New Kijang Innova (ANKI) sudah 'naik kelas' dan jauh lebih agresif daripada Innova generasi terdahulu. Jika mengukur dimensi, secara kasat mata ANKI memang bertumbuh besar. Bertambah panjang 150mm (4.735mm), bertambah lebar 55mm (1.830mm), dan bertambah tinggi 45mm (1.795mm). Sementara wheelbase tetap 2.750mm karena Toyota tidak mengubah struktur ladder frame yang menjadi selling point mobil ini.

Fitur menjadi lompatan yang terbesar dari Kijang 'modern' ini. All New Kijang Innova 2.4 tipe Q bertransmisi otomatis adalah varian tertinggi dengan kelengkapan paling komplit yang tidak dimiliki varian lainnya. Poin paling instimewa dapat dibuktikan dari tambahan airbag samping dan tirai—selain dual airbag plus knee airbag, pelek alloy 17-inci dengan ban Bridgestone Turanza, premium illumination LED yang membuat nuansa interior bertambah mewah, dan kehadiran fitur keselamatan Hill Assist Control (HAC) dan Vehicle Stability Control (VSC). Selebihnya layar monitor 8-inci dengan fitur air gesture, Miracast, konektivitas smartphone, dan lain sebagainya juga ada di tipe V. Sementara mode berkendara Eco dan Power tersedia di seluruh varian.

Selain urusan kulit luar, Toyota Kijang terbaru ini juga memiliki "nyawa" yang baru juga. Mesin 2KD-FTV dengan potensi performa besar dan terkenal akan reliabilitasnya, dipensiunkan dan berganti dengan sumber tenaga baru berkode 2GD-FTV berkapasitas 2,4-liter. Mesin ini dilengkapi sistem bahan bakar common-rail dan telah diperkuat Variable Nozzle Turbochared (VNT).

Pengembangan yang dilakukan untuk mengejar performa, efisiensi, dan emisi lebih baik lagi. Pertama dengan penyempurnaan pada ruang bakar dan mengembangkan turbocharger yang lebih kompak. Karena semakin kecil, output dihasilkan mampu lebih besar dan responnya juga lebih cepat. Hasilnya tenaga meningkat tajam menjadi 147hp dengan torsi 360Nm (untuk transmisi manual 342Nm). Seluruh tenaga dan torsi tersalur menuju roda belakang via transmisi otomatis baru 6-kecepatan dengan rasio gigi rapat.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/prl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami