All New Honda Brio di GIIAS 2018 Sudah Dites Tabrak Belakang, Hasilnya?

Hasilnya menunjukkan bahwa bagian kabin penumpang tetap...

Minggu, 05 Agustus 2018 08:52
Foto by Istimewa
Editor : Nurrohman Sidiq
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - GIIAS 2018 menjadi panggung bagi Honda untuk memperkenalkan Brio generasi barunya. Perubahan eksterior dan interior city car ini sendiri minimal mencakup 20 hal, termasuk fitur-fitur baru, perubahan ukuran supaya lebih lega, hingga bagian dalam mesin.

Perubahan lainnya pun mencakup kekuatan. Sebab, All New Honda Brio lulus uji tabrak belakang berkecepatan 50 km/jam yang diwajibkan di Jepang (tes yang lebih ketat dibandingkan ECE R32 berkecepatan 38 km/jam).

Hasilnya menunjukkan bahwa bagian kabin penumpang tetap mempertahankan bentuk aslinya dan tangki bahan bakar tetap terlindungi.

All New Honda Brio juga melewati tes tabrakan ECE R42. Hasilnya menunjukkan tidak ada kerusakan pada fungsionalitas.

Honda sendiri menggunakan teknologi G-CON untuk melindungi penumpang saat terjadi kecelakaan berkat kemampuan rangka kendaraan dalam menyerap benturan. Teknologi ini diuji pada berbagai ukuran dan struktur kendaraan di fasilitas World Crash Test Honda di Tochigi R&D Center, Jepang.

Saat terjadi benturan depan, bagian bawah rangka ACE membantu menditsibusikan daya bentur ke area lainnya sekaligus mencegah ketidaksejajaran rangka bodi.

Dengan menyerap energi benturan, efek tabrakan terhadap kabin dapat diminimalkan. Setiap pilar dari All New Honda Brio juga telah didesain untuk membentengi setiap sendi pada bodi mobil untuk kerangka yang lebih kuat.
Brio baru ini juga punya Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk semua kelas, termasuk LCGC Satya.

Lalu, kursi pengemudi dilengkapi i-SRS. Sistem itu mengontrol airbag depan dan seatbelt pretensioner sesuai tingkat keparahan benturan. Sistem juga akan mengirim sinyal untuk membuka seluruh pintu 10 detik setelah airbag dan sistem seatbelt pretensioner diaktifkan.

Kalau di sistem SRS standar, airbags dan pretensioner seatbelt akan aktif hanya apabila sesuai dengan gaya deselerasi yang telah ditetapkan.

SUDAH BACA INI JUGA?

(kpl/nzr/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami