Alasan Piringan Cakram Sepeda Motor Depan Lebih Lebar dari Belakang

Secara umum sepeda motor yang sudah menggunakan rem cakram, piringan pada roda depannya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding yang terpasang pada roda belakang. Apa alasannya?

Rabu, 26 April 2017 18:15
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Sistem pengereman pada motor merupakan perangkat yang sangat penting. Hal ini untuk menghentikan laju kendaraan, terlebih agar tidak terjadi kecelakaan.

Secara umum sepeda motor yang sudah menggunakan rem cakram, piringan pada roda depannya memiliki ukuran yang lebih besar dibanding yang terpasang pada roda belakang.

Pernahkah Anda berpikir kenapa pabrikan sepeda motor mendesainnya demikian?

Setelah mencari beberapa informasi, ternyata penggunaan cakram yang lebih besar tersebut tidak hanya sebatas sebagai pendongkrak tampilan motor, tapi juga sebagai keamanan dalam berkendara.

Disc pengereman yang besar akan memiliki daya cengkram yang lebih kuat. Semakin kuat daya cengkramannya akan semakin maksimal dalam menghentikan laju kendaraan. Namun yang jadi pertanyaan, kenapa harus bagian roda depan yang lebih besar, bahkan untuk kelas moge dibekali dengan double disc?

Menurut sejumlah teori, ternyata ketika motor melaju kencang dan kita mau menghentikannya beban motor akan terpusat di bagian depan. Karena beban lebih besar tersebut jadi dibutuhkan pengereman yang lebih kuat.

Faktanya, saat melaju menggunakan sepeda motor di kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak roda belakang akan terangkat, tak jarang roda belakang akan mengunci, istilah lainnya terseret atau ngesot.

Bagaimana Otolovers, sekarang sudah tahu kan kenapa piringan cakram rem depan lebih lebar dari pada belakang.

News Menarik Dunia Otomotif Lainnya

(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami