Alasan Mengurangi Kenyamanan, Toyota C-HR di Indonesia Tak Pakai Fitur Ini

Banderol Toyota C-HR di Indonesia terdengar cukup fantastis. Mobil yang tampilan luarnya merupakan penggabungan antara konsep Coupe dengan SUV ini ditawarkan dengan harga mencapai Rp490 juta.

Kamis, 12 April 2018 13:45
Foto : Toyota
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Banderol Toyota C-HR di Indonesia terdengar cukup fantastis. Mobil yang tampilan luarnya merupakan penggabungan antara konsep Coupe dengan SUV ini ditawarkan dengan harga mencapai Rp490 juta untuk pilihan warna dual-tone.

Faktor keamanan tampaknya menjadi perhatian Toyota. Fitur keselamatan mobil yang diimpor dari Thailand ini terbilang cukup lengkap, antara lain7 SRS Airbags (D+P+S+CSA+D-Knee), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Sayangnya fitur keselamatan di atas tak sepenuhnya sama dengan C-HR yang dipasarkan di Thailand. Setidaknya ada dua fitur yang tak disematkan Toyota, yakni Pre-collision Warning System dan Line Change Warning.

Menurut Product General Manager TAM Bansar Maduma, mengikuti kebutuhan masyarakat Indonesia menjadi alasan tak disematkannya fitur tersebut . Pre-collision Warning System sendiri berfungsi untuk mengingatkan apabila ada potensi tabrakan. Fitur ini juga mampu mengambil alih sistem pengereman ketika potensi tabrakan mendekati titik kritis.

Sayangnya, menurut Bansar fitur ini bisa dianggap mengurangi kenyamanan pengendara di Indonesia. Karena kondisi lalu lintas yang cukup unik, adanya fitur tersebut bisa membuat mobil terus-terusan berhenti seketika. Sedangkan Line Change Warning sendiri lebih disebabkan oleh fasilitas jalan yang belum memadai. Pasalnya fitur ini membutuhkan marka jalan yang baik agar bisa bekerja.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/fid/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami