Alasan Mengapa Nissan IDx Penerus Datsun 510 Tak Pernah Sampai di Dealer

Dua mobil konsep Nissan yang memiliki tampilan menarik, IDx Freeflow concept dan IDx Nismo concept tak pernah diproduksi.

Senin, 02 Desember 2019 20:15
Alasan Mengapa Nissan IDx Penerus Datsun 510 Tak Pernah Sampai di Dealer Mobil konsep Nissan (Carscoops)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Pada 2013 lalu, Nissan semapt merilis mobil konsep yang disebut sebagai penerus Datsun 510. Ada dua mobil, yakni IDx Freeflow concept dan IDx Nismo concept. Tapi keduanya tampak tak pernah muncul di dealer.

Padahal, menurut Carscoops, sejak dua mobil konsep tersebut dikenalkan, banyak yang menyambut positif. Pasalnya, mobil itu akan memiliki harga murah, mesin di depan, berpenggerak roda belakang dan desan yang lebih menarik ketimbang 370Z.

Tapi IDx tak pernah masuk ke lini produksi. Melalui sebuh forum dalam Reddit, seseorang yang mengaku karyawan Nissan dengannama akun aelric22, mengungkapkan alasan Nissan memutuskan tak memroduksi IDx.

 

1 dari 1 Halaman

Tak Menguntungkan

Tak Menguntungkan

Menurutnya, pasar untuk Datsun 510 modern akan sangat kecil. Apalagi mobil itu akan menjadi pesaing dari Toyota 86 dan Subaru BRZ. Maka, kemungkinannya pun kecil.

Alasan selanjutnya, Nissan tak memiliki lokasi untuk memroduksi mobil sport semacam itu. Satu-satunya fasilitas yang bisa adalah di pabrik Tochigi, Jepang, di pabrik yang sama dengan tempat produksi 370Z, GT-R, dan Skyline untuk pasar Jepang. Tentu, juga untuk memroduksi kendaraan berpenggerak belakang atau semua roda.

Jika memaksakan, maka disebut butuh investasi yang sangat besar. Selanjutnya, disebut bahwa keuntungan untuk mobil sport tak ada.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami