Alasan Kenapa Motor Sebaiknya Tidak Untuk Mudik

Sepeda motor sampai saat ini merupakan kendaraan yang ringkas. Dengan bentuk mengandalkan dua roda dan daya muat dua orang, sepeda motor begitu diandalkan karena tidak memakan ruang, juga efisien secara konsumsi bahan bakar.

Rabu, 13 Juni 2018 19:15
Ilustrasi/keulefm
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Dimas Wahyu Trihardjanto

Otosia.com - Sepeda motor sampai saat ini merupakan kendaraan yang ringkas. Dengan bentuk mengandalkan dua roda dan daya muat dua orang, sepeda motor begitu diandalkan karena tidak memakan ruang, juga efisien secara konsumsi bahan bakar.

Namun beda halnya dengan mudik. Banyak pihak menekankan bahwa mudik dengan sepeda motor sebaiknya dihindari. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Regident Korlantas Polri, Irjen Halim Pagarra

"Mereka ada batasan. Batasannya, jarak tempuh yang menuju ke Jawa," ujarnya.

Alasannya juga bersifat umum, yakni pengendara motor rentan terhadap kecelakaan dengan menimbang bahwa ukurannya yang kecil jika dibandingkan kendaraan lain yang digunakan untuk mudik.

"Diimbau supaya sepeda motor tidak digunakan jarak jauh karena sangat rentan terhadap kecelakaan," kata dia.

Alasan lainnya adalah perilaku buruk. Menurut data yang ia sampaikan, pelanggaran paling banyak juga datang dari para pengguna sepeda motor.

"Kita lihat paling banyak pelanggaran dilakukan di sepeda motor. Melawan arus, berboncengan tiga, jadi sangat rentan," ujarnya.

Karena itu pula, lembaga terkait terus menggalakkan penggunaan moda transportasi yang massal untuk menampung para pemudik bermotor ini. Penumpang naik ke kapal, pesawat, ataupun bus, sementara motor dikirim via ekspedisi.

"Ini banyak difasilitasi pemerintah. Banyak kendaraan (sepeda motor) dilewatkan ke kapal. Saya lihat di Tanjung Priok, banyak naik kapal ke Semarang. Begitu juga dengan yang di Ancol dan Taman Mini," ujarnya.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/why/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami