Alasan Alat Ini Dinamakan 'Kunci Pas'

Dalam dunia perbengkelan sepeda motor tidak lepas dengan berbagai macam tools dan jenis kunci untuk melakukan perbaikan. Salah satu kunci tersebut ada yang dinamakan dengan 'kunci pas'. Kemudian kenapa alat tersebut dinamakan dengan kunci pas?

Jum'at, 28 April 2017 08:15
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam dunia perbengkelan sepeda motor tidak lepas dengan berbagai macam tools dan jenis kunci untuk melakukan perbaikan. Salah satu kunci tersebut ada yang dinamakan dengan 'kunci pas'.

Yang jadi pertanyaan, kenapa alat tersebut dinamakan dengan kunci pas?

Setelah mencari beberapa informasi, "Peralatan untuk memasang atau melepas baut (bolt) dan mur (nut) berdimensi segi enam atau Hexagonal disebut dengan kunci pas", dikutip dari Wikipedia, Kamis 28/04.

Secara nama, kunci pas juga disebut dengan Open end wrench yang artinya juga mewakili alat tersebut.

Selain itu diperkirakan penamaan tersebut juga berdasar ukurannya. Ukuran kunci pas harus sesuai dengan ukuran baut yang akan dikencangkan atau dilonggarkan. Jika tidak sesuai, terlalu longgar bisa berakibat pada kerusakan baut.

Kunci pas terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium dengan tangkai atau shank yang membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujung-ujungnya. Pada umumnya dibuat menjadi dua kunci yang ukuran masing-masing berbeda. Misalnya, ukuran 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya.

News Menarik Aksesori Motor Lainnya

(kpl/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami