Aktivitas Produksi Terhenti, Daihatsu Pastikan Stok Unit Aman

Daihatsu memastikan stok dan pasokan mobil mereka ke dealer aman, menyusul dihentikannya aktivitas produksi di pabrik mereka.

Rabu, 24 Juni 2020 15:15
Aktivitas Produksi Terhenti, Daihatsu Pastikan Stok Unit Aman Ilustrasi Daihatsu Xenia SE (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Pandemi corona (COVID-19) yang belum berakhir telah menghambat perekonomian Indonesia, terlebih di sektor otomotif. Beberapa produsen otomotif pun menghentikan pabriknya hingga waktu yang belum ditentukan. Bahkan mengurangi karyawannya sebagai langkah efisiensi.

Dampak pandemi juga menimpa PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek (APM) kendaraan Daihatsu di Indonesia. Sebagai langkah efisiensi di masa krisis ini, ADM telah menghentikan sementara pabriknya dan mengurangi beberapa karyawan kontraknya.

Penghentian sementara pabrik sempat memunculkan kekhawatiran stok mobil Daihatsu akan berkurang di dealer. Namun semua ini dibantah ADM. Bahkan, ADM menjamin bahwa pada bulan Juni ini stok unitnya akan aman.

ADM mengaku jika pada Maret lalu, jumlah unit yang disuplai tinggi, padahal April dan Mei penjualan sedang turun.

"Kami jamin pada bulan juni ini stok yang ada di cabang dan dealer Astra masih mampu memenuhi kebutuhan konsumen," tegas Amelia Tjandra, Marketing Director ADM

"Angkanya berapa, rahasia di kantong saya," canda Amelia Tjandra. Lebih lanjut Amelia meyakinkan bahwa stok level Daihatsu aman. Kalau ada yang pesan di bulan Juni ini pasti akan disuplai.

 

1 dari 1 Halaman

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Daihatsu selalu memasang target yang diambil dari market share, yaitu konsisten dengan target di angka 17 persen per tahun.

“Kita memasang target dari sisi market share, bukan dari amount atau berapa jumlahnya,” terang Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and CR Divisian Head Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO)

Hingga Mei 2020, pasar mobil nasional mengalami penurunan akibat adanya wabah corona dan adanya penerapan PSBB di sejumlah wilayah. Berdasarkan data Gaikindo, selama Januari - Mei 2020 penjualan retail mobil nasional sebanyak 260.000 unit atau turun 40 persen dibanding tahun lalu.

Sedangkan, wholesales penjualan mobil nasional selama periode Januari Mei 2020 tercatat sebanyak 248 ribu unit atau turun 41 persen dibanding 2019. Daihatsu sebagai salah satu pemain otomotif di Indonesia juga mengalami kontraksi volume penjualan.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami