Akibat Jembatan 'Diseruduk' Truk, Perjalanan Kereta Api di Malang Terganggu

Jembatan yang menopang rel ini tergeser oleh sebuah truk, efeknya jadi panjang.

Selasa, 31 Oktober 2017 11:00
Jembatan Buk Gluduk (foto: Merdeka.com)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Perhatian benar-benar harus ditujukan oleh pemerintah bagi para pekerja yang terlibat di jalan seperti pengemudi truk dan bus. Karena selain pekerjaan tersebut adalah profesi yang amat berat dan melelahkan serta butuh konsentrasi tinggi, apa yang dilakukan oleh orang-orang ini berpotensi untuk menimbulkan efek yang cukup meluas jika tidak diberikan perhatian khusus.

Seperti yang terjadi di kota Malang kemarin tanggal 30 Oktober 2017 Bagaimana sebuah truk yang dikendarai ternyata sukses membuat perjalanan kereta api dari arah selatan Kota Malang dan sebaliknya sempat tertunda beberapa saat. Hal ini disebabkan karena truk tersebut menabrak jembatan rel kereta api di dekat Stasiun Kota Baru Malang.

Akibatnya, rel yang ditopang oleh jembatan tersebut jadi miring dan tidak bisa dilewati oleh Kereta Api karena bergeser. Peristiwa tersebut terjadi karena truk kontainer berisikan kertas yang dikendarai oleh Abdul Rofiq, 28 tahun pada pukul 15.30 terlalu tinggi untuk melewati kolong jembatan.

Jembatan yang oleh warga sekitar disebut 'Buk Gluduk', memiliki jarak dengan aspal sejauh 4 meter, sementara kontainer yang dikendarai oleh Abdul Rofiq memiliki tinggi lebih dari 4 meter sehingga saat melintas tersangkut bagian bawah dari jembatan.

Menurut kanit Laka Kota Malang, Iptu Boedi Junaidi saat dihubungi oleh merdeka.com, menyatakan bahwa truk kontainer yang sedang dalam perjalanan ke Surabaya itu sendiri sudah mengalami masalah pada bagian persneling, dimana truk tersebut tidak bisa masuk dari gigi satu ke gigi dua.

Menurutnya, sang pengemudi truk kurang akurat untuk memperkirakan jarak yang tersedia antara aspal dan jembatan dengan tinggi truk itu sendiri. Sementara di sisi lain, pengemudi sendiri beralibi bahwa dirinya tidak berani mengambil haluan kiri karena macet.

Dan setidaknya hingga berita ini diturunkan oleh merdeka.com, kendaraan sudah diamankan di unit Laka Polres Malang Kota. Perbaikan rel kereta api juga telah dilakukan oleh PT KAI, namun akibatnya penundaan beberapa jadwal kereta api yang datang dari selatan menuju kota Malang Kayaknya tidak bisa terhindarkan.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami