Aki Ninja dan CBR 250 Cepat Soak, Bisa Coba Battery Lithium Ini

Kini ada alternatif pengganti accu konvensional atau umum untuk sepeda motor, yakni baterai sel Lithium-Iron Phospate atau TnD Lithium

Rabu, 04 September 2019 19:15
Aki Ninja dan CBR 250 Cepat Soak, Bisa Coba Battery Lithium Ini Honda CBR250RR (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Lampu tiba-tiba redup, lalu klakson tidak berbunyi, hingga susah distarter pertanda boleh jadi aki motor anda soak. Atau telah habis.

Yang bikin jengkel adalah, aki belum lama dibeli namun tekor sebelum umur pakainya habis.

Kini ada alternatif pengganti accu konvensional atau umum untuk sepeda motor, yakni baterai sel Lithium-Iron Phospate atau TnD Lithium.

Dengan kapasitas 12 V 6 Ah, baterai TnD Lithium ini universal untuk semua jenis motor, mulai 250cc ke bawah.

"Ini bisa untuk Ninja 250, CBR 250, Yamaha R25. Buat matik malah lebih bagus, kayak buat Vario, Beat atau Yamaha NMax," ujar Levin, selaku tenaga pemasar TnD Lithium PT Sentramitra Dayautama.

1 dari 1 Halaman

Kelebihan

imageKelebihan

Namun pemakaian produk buatan dalam negeri ini tidak disarankan untuk motor di atas 250cc. "Walaupun daya ampherenya lebih tahan dan besar, tidak disarankan dipakai di motor 600 cc ke atas. Bisa saja dipasang, tapi hanya starter saja. Makanya untuk motor besar, kita custom lagi," paparnya.

Pemasangannya sama seperti pada aki umumnya, yang terminal plus dan minus. Lantaran bentuknya yang minimalis ia dapat ditaruh di tempat aki bawaan motor.

"Pasangnya ditempat aki motor biasanya, tinggal ngeplak di posisi tempat aki tanpa merubah tempatnya," jelasnya.

Menurut Levin, Lithium-Iron Phospate punya beberapa kelebihan dibanding aki biasa, seperti kapasitas lebih besar, daya amphere lebih tahan, dan lebih mudah starter.

"Dia lebih ringan dari aki biasa, lebih tahan panas juga, tahan guncangan, daya amphere lebih tahan. Umur pakainya lebih lama, bisa dipakai 5-6 tahun," tukasnya.

Untuk harga, TnD Lithium dibanderol Rp750 ribu. Selama Indonesia Electric Motors Show (IEMS) berlangsung didiskon 20 persen atau jadi Rp520 ribu.

"Kita kasih garansi 24 bulan atau 2 tahun, asal tidsk kena air, tidak berkarat, tidak rusak fisik, serta tegangannya 8 volt," pungkasnya.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami