Akhirnya, Mitsubishi Xpander Berhasil 'Bantai' Toyota Avanza

Mobil sejuta umat, Toyota Avanza, harus rela menyerahkan posisinya kepada pendatang baru Mitsubishi Xpander. Setelah bertahun-tahun, akhirnya Avanza harus bergeser ke peringkat dua mobil terlaris di Indonesia.

Rabu, 14 Maret 2018 12:05
Ilustrasi : indiancarbikes.in
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mobil sejuta umat, Toyota Avanza, harus rela menyerahkan posisinya kepada pendatang baru Mitsubishi Xpander. Setelah bertahun-tahun, akhirnya Avanza harus bergeser ke peringkat dua mobil terlaris di Indonesia.

Berdasarkan data yang didapat oleh Otosia.com, Xpander unggul 627 unit dari Avanza. Pada bulan Februari, Mitsubishi sukses mendistribusikan sebanyak 7.400 unit Xpander.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan jika dibanding dengan bulan Januari. Di bulan pertama 2018 kemarin, penjualan secara wholesales Mitsubishi Xpander mencapai 7.079 unit.

Toyota Avanza

Sedangkan Toyota Avanza justru mengalami penurunan. Selama Februari, Avanza hanya terjual sebanyak 6.773 unit. Jumlah itu menampakkan penurunan penjualan jika dibandingkan dengan bulan Januari, yaitu 7.543 unit.

Dengan raihan tersebut, Xpander benar-benar menyandang status sebagai 'Avanza killer'. Pencapaian ini didapat setelah MPV pertama Mitsubishi ini diluncurkan 6 bulan lalu.

Penurunan penjualan pun dirasakan oleh Xenia. Bulan lalu, mobil ini hanya terjual sebanyak 2.529 unit. Dibanding bulan Januari, MPV andalan Daihatsu ini mengalami penurunan sebanyak 1.383 unit. Tren negatif ini sudah menghampiri Xenia sejak akhir tahun 2017 lalu.

Wuling Cortez

Sementara itu, pendatang baru asal Tiongkok, Wuling, justru mengalami peningkatan. Pada Februari 2018, sebanyak 565 unit Confero berhasil terjual. Angka tersebut berselisih 10 unit lebih banyak dibanding Januari. 

Nasib serupa juga dirasakan Cortez. Mobil murah segudang fitur ini mampu mencatatkan penjualan sebanyak 444 unit. Artinya, 72 unit lebih banyak daripada wholesales Januari, yaitu 372 unit.

Dengan kondisi yang demikian, perlukah beberapa pabrikan lain melakukan penyegaran dari berbagai sisi supaya tetap bisa bersaing dalam sektor MPV?

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami