Akankah Moge Kawasaki Diproduksi di Indonesia?

PT Kawasaki Motors Indonesia disebut sedang dalam rencana membangun pabrik baru yang diperkirakan akan mulai digunakan pada tahun depan.

Sabtu, 22 Juni 2013 11:30
Kawasaki Z800 (Orange)
Editor : Albert

Otosia.com - PT Kawasaki Motors Indonesia disebut sedang dalam rencana membangun pabrik baru yang diperkirakan akan mulai digunakan pada tahun depan. Seiring dengan hal itu, mereka baru saja meluncurkan Z800. Lebih jauh lagi, kehadirannya memperkuat cengkeraman produsen asal Negeri Matahari Terbit ini terhadap produk-produk motor sport di Indonesia.

Lantas apakah moge Kawasaki juga akan diproduksi di Indonesia? "Untuk sekarang kita belum ada planning untuk produksi di Indonesia. Kita akan impor, CBU, langsung dari sana," ungkap Supervisor Sales PT Kawasaki Motor Indonesia Sucipto Wiyono.

Bicara pabrik baru, Kawasaki Indonesia menanamkan investasi sebesar Rp 600 miliar demi meningkatkan kapasitas produksi, dari 100.000 unit per tahun menjadi 240.000 unit per tahun.

Kawasaki Z800

Produksi 100.000 unit per tahun merupakan angka yang diperoleh dari pabrik lama mereka. Adapun pabrik baru di kawasan Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, itu sendiri dipakai untuk produksi KLX, Ninja 2-Tak, juga bebek.

PT Kawasaki Motor Indonesia sendiri mendatangkan moge baru Z800 di Indonesia bukan dari negeri aslinya, melainkan dari Thailand.  Faktor utama mengapa bukan produk Jepang yang dibawa ke Indonesia tak lain karena harga yang lebih mahal. Perbedaan harga itu sendiri tak lain karena adanya pajak.

Z800 dilepas dengan banderol harga Rp 169 juta on-the road untuk wilayah Jakarta. Ia menggunakan mesin berkapisitas  silinder 800cc empat silinder dan tersusun segaris atau paralel. Ia mengadopsi sistem noken as DOHC dengan sistem suplai bahan bakar injeksi.

(kpl/why/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami