Akankah Honda Hadirkan New Civic Diesel di IIMS 2012?

Pada Geneva Motor Show 2012 Honda resmi perkenalkan mesin diesel turbocharged 1.6 liter. Namun Honda Prospect Motor belum ada tanda-tanda untuk hadirkan New Honda Civic Diesel pada ajang IIMS 2012 nanti.

Senin, 17 September 2012 12:30
Honda Civic i-DTEC
Editor : Alvin

Otosia.com - Pada Geneva Motor Show 2012 Honda resmi perkenalkan mesin diesel turbocharged 1.6 liter. Mesin ini dikabarkan akan dipergunakan pada beberapa varian baru seperti Honda Civic. Namun Honda Prospect Motor belum ada tanda-tanda untuk hadirkan New Honda Civic Diesel pada ajang IIMS 2012 nanti.

Toyota telah perlihatkan data 16 kendaraan yang akan ia boyong ke ajang pameran IIMS 2012, yang beberapa hari lagi diselenggarakan. Sedang Honda masih diperkirakan akan perlihatkan model terbaru beberapa varian yang beredar di Indonesia hingga hatchback coupe hybrid Honda CR-Z.

Namun berbeda dengan Honda Eropa yang memastikan bahwa pada ajang Paris Motor Show 2012 pada 27 September, model mesin diesel juga akan diperkenalkan. Memang tidak bisa dipungkiri konsumennya cenderung lebih suka mobil bermesin diesel ketimbang bensin ataupun hybrid.

Hal ini juga diperkuat dari data permintaan mobil bermesin diesel setiap tahunnya terus meningkat di Eropa. Sehingga dengan demikian semakin mendorong Honda untuk membawa Civic diesel hatchback ke pasar Eropa. Selain lebih irit BBM, mesin diesel saat ini memiliki prestasi dalam emisi gas buang yang rendah sehingga dianggap sebagai mesin ramah lingkungan.

Honda Civic diesel hatchback ini akan berlabel Civic i-DTEC yang dibekali mesin kapasitas 1.6 liter empat silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 120 hp pada 4.000 rpm serta dengan torsi puncaknya 300 Nm pada 2.000 rpm. Honda mengklaim Civic i-DTEC memiliki konsumsi BBM rata-rata 3,6lt/100 km dengan emisi gas buang CO2 hanya 94 gr/km.

Untuk tampilan dari Honda Civic i-DTEC hatchback ini tidak jauh berbeda dengan Civic bermesin bensin yang lebih dulu beredar. Kesan sporty dengan tingkat aerodinamis lebih baik tetap dipertahankan Honda. Sayangnya, rician lengkapnya belum diungkapkan.

Jika Indonesia ingin mendukung program 'Go Green' sekiranya juga bisa segera ikut hadirkan New Honda Civic i-DTEC. Pihak Honda Eropa mengatakan kalau Civic mesin diesel ini akan mulai dijual pada pertengahan Oktober mendatang. Lalu bagaimana dengan Honda Indonesia?

(kpl/vin)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami