Airbag Mobil, Penyelamat Nyawa Tapi Bukan Tanpa Cedera

Meski bisa menyelamatkan nyawa, ada potensi cedera dari airbag yang mengembang.

Kamis, 11 Februari 2021 12:15
Airbag Mobil, Penyelamat Nyawa Tapi Bukan Tanpa Cedera Airbag mobil (The Globe and Mail)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Berbagai mobil baru di Indonesia saat ini sudah dilengkapi dengan airbag, baik 2 titik maupun lebih. Fungsinya sebagai fitur keselamatan dan keamanan saat kendaraan terlibat tabrakan.

Cara kerjanya, ketika sensor mobil menerima sinyal saat terjadi tabrakan keras, komputer akan secara otomatis mengembangkan airbag. Fitur ini melindungi anggota badan yang fital, seperti kepala, leher, dan dada.

1 dari 2 Halaman

Memang, airbag bisa menyelamatkan nyawa ketika terjadi tabrakan. Hanya saja, bukan berarti fitur ini bisa membuat orang tidak terluka setelah insiden. Bahkan, tekanannya bisa menyebabkan cedera yang serius.

Mengutip dari buku pedoman Hyundai, airbag bisa menyebabkan cedera pada orang yang duduknya terlalu dekat. Mereka yang tidak tertahan di kursi dengan baik pada kursinya pun berpotensi terluka ketika airbag mengembang.

2 dari 2 Halaman

Bayi, anak kecil, dan orang dewasa dengan postur yang pendek memiliki risiko terluka yang cukup besar. Karena itu, disarankan seluruh penumpang mobil duduk dengan benar. Selain itu, ada reaksi kimia, berupa gas tidak beracun, di dalam inflator sehingga airbag mengembang.

Setelahnya, disarankan jangan menyentuh komponen mobil, seperti stir, dashboard, dan jok. Upayakan langsung buka jendela dan pintu agar udara masuk, serta langsung cuci bagian kulit yang terkena residu agar terhindar dari iritasi.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami