AHYPP 2 Digelar, Honda Dampingi Wirausaha Muda Agar Mandiri

Astra Honda Motor (AHM) kembali menggelar pelatihan untuk para wirausahawan muda di bidang perbengkelan. Astra Honda Youngpreneur Program (AHYPP) kedua ini diikuti oleh 20 peserta dari 16 provinsi di seluruh Indonesia.

Jum'at, 29 November 2019 17:15
AHYPP 2 Digelar, Honda Dampingi Wirausaha Muda Agar Mandiri Pelatihan teknis AHYPP II (AHM)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Setelah sukses menggelar Astra Honda Youthpreunership Program (AHYPP) untuk para usahawan muda pada 2017 lalu, Yayasan Astra Honda Motor kembali menggelar program yang sama.

Pada angkatan kedua program ini, ada 20 peserta dari 16 provinsi di seluruh Indonesia. Para peserta ini merupakan para alumni SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang telah memiliki bengkel sepeda motor.

Pada program yang dilaksanakan di Malang, Jawa Timur, pada 25-30 November 2019, peserta diberi pelatihan baik teknis maupun non-teknis. Tujuannya, agar para wirausahawan muda tersebt bisa menjadi pebisnis bengkel yang profesional.

"Kami latih mereka, berikan donasi peralatan dan mendampingi mereka, baik secara virtual maupun langsung selama masa pembinaan. Kami ingin melahirkan wirausaha muda unggul dari program ini," ujar Wakil Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbudin.

1 dari 2 Halaman

Belajar Langsung

Belajar Langsung

Pelatihan teknis, meliputi perkembangan teknologi sepeda motor Honda baik secara teori maupun praktik. Selain itu juga tentang sistem kelistrikan, rangka, mesin sepeda motor, termasuk teknologi injeksi PGM-FI Honda.

Saat pelatihan teknis, para peserta juga diajak belajar langsung ke bengkel resmi Astra Honda Autorize Service Station (AHASS) di Kepanjen, Malang.

Sebagai wirausawan, mereka juga perlu memahami tentang cara mengelola bengkel dari sisi managerial. Maka itu, materi non teknis seperti mentalitas dasar, kepemimpinan, pencapaian target, dan penyusunan rencana aktivtas. Materi tentang managemen bengkel dan pengelolaan bengkel juga diberikan.

"Untuk menjadi seorang entrepreneur, fondasi tentang berbisnis harus dikuatkan dulu. Supaya punya bekal dan bukan sekadar pengetahuan, agar terukur," ujar salah satu pemateri AHYPP, Heri Cahyono, di sela-sela acara di God Management School, Kasembon, Malang.

2 dari 2 Halaman

Sebagai tuan rumah, MPM juga mengirimkan para wakilnya. Pada AHYPP II ada tiga pemilik bengkel lulusan SMK TBSM Honda Jatim yang mengikuti program ini. Sebelumnya, pada AHYPP I, ada dua bengkel yang mengikuti, salah satunya kini sudah cukup sukses yakni Bengkel Candra Jaya, Gempol.

"Semoga 20 orang peserta yang terpilih seluruh Indonesia ini bisa menerapkan bekal dari program ini ke dunia usaha," ujar Technical Service Division Head MPM, Satyo Prahnowo.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami