AHM Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 Tahun, Harga Rp 1 Miliar

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary. Mempunyai beberapa ciri khusus, superbike ini dijual Rp 1,058 miliar on the road Jakarta.

Jum'at, 18 Maret 2022 15:15
AHM Luncurkan CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 Tahun, Harga Rp 1 Miliar CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary (AHM)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan CBR1000RR-R Fireblade SP. Superbike ini merupakan edisi khusus perayaan 30 tahun kehadiran Fireblade, atau disebut CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary.

Terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung berbagai daya tarik. Di antaranya rombakan saluran udara masuk (intake system) untuk menaikkan performa mesin pada putaran menengah, serta penambahan gigi sprocket belakang untuk perbaikan akselerasi dan menambah rigiditas handling.

1 dari 5 Halaman

Identitas merayakan kehadiran Fireblade sejak 1992 didapat dari penampilan berbagai sektor. Mulai dari pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk beberapa bagian, ditambah detail penanda edisi spesial 30 tahun yang dipasang pada banyak detail sepeda motor.

”CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas Wijaya, Marketing Director AHM.

2 dari 5 Halaman

Ciri khusus

Sebagai penanda bahwa model yang dihadirkan AHM adalah edisi spesial merayakan ulang tahun Fireblade yang ke-30, terdapat beberapa ciri khusus pada detail sepeda motor. Warna dasar bodi putih, diberi aksen grafis warna biru pada sepatbor depan serta bagian belakang. Kombinasi merah-biru terdapat pada bagian tangki, bodi samping dan depan, serta fairing. Semua ini disematkan demi mendapat identitas Honda Tricolor yang sudah ada sejak pertama kali Fireblade dilahirkan.

Saat pengendaranya memutar kunci kontak sebelum menyalakan mesin, pengendara akan disapa dengan tulisan khusus edisi 30 tahun pada layar panel. Lalu pada bagian setang, juga terdapat penanda berupa serial number yang digoreskan menggunakan laser.

3 dari 5 Halaman

Ciri lain, smart key sepeda motor ini juga sudah mendapatkan tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki bahan bakar, serta goresan laser pada silencer (knalpot) Akrapovic-nya.

CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung desain aerodinamis dan agresif dengan minim area frontal agar menambah aerodinamika. Headlight full LED semakin tajam mempertegas kesan futuristik. Terdapat winglet yang diadopsi dari Honda RC213V untuk menambah downforce..

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Bagian dalam saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih sempurna, mendukung tujuan keseluruhan peningkatan performa pada putaran mesin menengah.

4 dari 5 Halaman

Mode berkendara

Honda CBR1000RR-R Fireblade mempunyai tiga mode. Masing-masing mode akan mengatur untuk besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi (1-3). Paket tersebut semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control yang mencegah CBR1000RR-R Fireblade SP terangkat ban depannya karena berakselerasi terlalu cepat. Hal ini masih ditambah lagi dengan Rear Lift Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena mengerem terlalu dalam.

Ada juga fitur Start Mode. Sistem ini menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan saat melakukan start, memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal. Peranti ini mampu membatasi putaran mesin maksimal sesuai keinginan (6.000-10.000 rpm).

5 dari 5 Halaman

Mesin dan harga

Honda CBR1000RR-R Fireblade SP dipersenjatai mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V (bore x stroke : 81 mm x 48,5 mm). Tenaganya maksimal tercatat 160 kW (215 hp) @14.500 rpm, dan torsi maksimal mencapai 112 Nm @12.500 rpm.

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 Tahun dengan warna khas Honda Tricolor ini dibanderol Rp1,058 miliar on the road wilayah DKI Jakarta.

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami