Agar Tarikan Motor Tetap Enteng, Lakukan Hal ini Pada Kabel Gas

Agar tarikan motor tetap enteng, jangan melakukan penyemprotan air pada kabel gas terutama bagian dalam handle dan kabel gas.

Rabu, 12 Agustus 2020 09:15
Agar Tarikan Motor Tetap Enteng, Lakukan Hal ini Pada Kabel Gas Ilustrasi merawat kabel gas sepeda motor (Youtube/@Zsinor Motors)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sepeda motor merupakan alat transportasi favorit bagi sebagian masyarakat Indonesia. Selain irit, sepeda motor dianggap sebagai kendaraan yang bisa menghemat waktu untuk sampai ke tempat tujuan.

Namun apa jadinya jika motor yang menjadi andalan untuk menunjang aktifitas harian tarikannya menjadi terganggu akibat gas yang naik turun bahkan tidak responsif, dan berat ketika dipuntir?

Kejadian ini tentu saja membuat jengkel. Agar tarikan motor menjadi enteng dan responsif maka salah satu cara yang perlu dilakukan adalah merawat kabel gas secara berkala. Jangan males untuk selalu memperhatikan dan mengecek komponen satu ini.

 

1 dari 2 Halaman

"Selalu periksa kabel gas setiap akan naik motor, sebelum menyalakan mesin dengan cara memainkan handle gas," buka Fachrul Reza, Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang.

Menurut Reza, merawat kabel gas sebenarnya mudah. Namun ada beberapa hal yang harus dihindari agar kabel gas awet dan dapat berfungsi dengan baik. Misalnya disarankan tidak mencuci motor dengan menyemprotkan air ke dalam handle dan bagian dalam kabel gas.

"Jangan lupa untuk melumasi bagian dalam antara handle gas dengan stang kemudi menggunakan oli mesin yang bersih dan jangan berlebihan," imbuhnya.

 

 

2 dari 2 Halaman

Jika terdapat gejala handle gas agak berat saat ditarik dan sulit untuk ditangani sendiri, tidak ada salahnya mendatangi bengkel resmi terdekat untuk dilalukan pemeriksaan.

Hal lain yang tidak dianjurkan adalah sering merubah jarak bebas kabel gas. Karena itu pastikan freeplay atau jarak bebas kabel gas sesuai standar. Untuk motor Honda antara 2-6 mm dari posisi paling kencang.

"Kemudian juga, pastikan posisi kabel gas tidak tertekuk dan posisi mur pengikatnya kencang. Kalau mau ganti, saya sarankan pakai part original. Kalau Honda, pakailah Honda Genuie Part," pungkas Reza.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami