Agar Lolos Penyekatan PPKM Darurat, Siapkan Dokumen Penting Ini

Ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi oleh para pengguna jalan jika masih ingin melintasi pos penyekatan PPKM Darurat.

Rabu, 21 Juli 2021 18:45
Agar Lolos Penyekatan PPKM Darurat, Siapkan Dokumen Penting Ini Pos penyekatan PPKM Darurat (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Pemerintah memberlakukan beberapa ketentuan untuk pelaku perjalanan selama PPKM Darurat berlaku. Aturan ini berlaku untuk kendaraan pribadi maupun roda empat yang ingn melintas.

Salah satu cara yang harus diterapkan adalah menggunakan masker saat berkendara. Hal ini sesuai dengan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Tidak hanya itu, selain menggunakan masker, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Istiono, juga menambahkan pengguna kendaraan harus melengkapi diri dengan beberapa dokumen tambahan.

"Pengguna kendaraan misalnya harus menggunakan masker dan mengantongi kartu vaksinasi dosis pertama," jelas Istiono, melansir laman resmi Korlantas Polri.

1 dari 2 Halaman

Selanjutnya, untuk lebih meyakinkan petugas di lapangan, masyarakat yang menggunakan mobil atau motor harus memperlihatkan hasil tes negatif entah itu dari pemeriksaan antigen yang berlaku 1x24 jam, atau dari pemeriksaan PCR yang berlaku selama 2x24 jam.

Istiono kembali menambahkan, di mana setiap kendaraan yang melintas, mereka juga harus membatasi penumpang sebesar 50 persen dari kapasitas normalnya.

Jika dalam pemeriksaan yang dilakukan petugas pengguna kendaraan tersebut tidak bisa menunjukan dokumen atau dokumen tidak lengkap, maka akan dipaksa untuk berputar balik oleh petugas.

"Kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan akan dialihkan keluar melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 3," tambah Istiono.

2 dari 2 Halaman

Antisipasi Lonjakan Kasus Saat Liburan

Pembatasan ini juga digelar untuk menekan laju pertumbuhan virus corona di DKI Jakarta dan sekitarnya yang kian tinggi dari hari ke hari.

Sebagaimana yang dijelaskan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, setiap ada momen liburan, biasanya penyebaran virus corona ini mengalami peningkatan.

"Belajar dari pengalaman bahwa peningkatan mobilitas di masa libur berbanding lurus dengan meningkatnya kasus Covid-19, karenanya kami ditugaskan oleh Presiden untuk mengendalikan mobilitas," jelas Budi Karya Sumadi.

Dalam penyekatan di beberapa ruas tol, polisi telah menyiapkan 9 titik penyekatan yang terletak di Tol Jakarta - Cikampek. Berikut 9 titik penyekatan yang diberlakukan oleh petugas kepolisian:

1. Gerbang Tol Bekasi Barat 1

2. Bekasi Timur 2

3. Tambun

4. Cikarang Barat 4

5. Cikarang Timur

6. Cibatu

7. Karawang Barat 1

8. Karawang Timur 1

9. Cikampek

Reporter: Fahmi Rizky

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami