Agar Idling Stop System Tak Habiskan Aki Motor, Begini Tipsnya

Banyak masyarakat yang menilai dengan mengaktifkan mode idling stop system akan membuat aki motor sering tekor. Karena mesin motor nyala-mati secara otomatis.

Senin, 30 April 2018 16:15
Foto Ilustrasi by Youtube
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Beberapa motor modern dibekali dengan fitur-fitur menarik. Salah satunya adalah Idling Stop System.

Fitur ini akan membuat mesin motor mati secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik. Pengendara tak perlu menstarter ulang motor untuk menyalakan mesin. Cukup menarik tuas gas.

Tapi banyak masyarakat yang menilai dengan mengaktifkan mode idling ini akan membuat aki motor sering tekor. Karena mesin motor nyala-mati secara otomatis.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik motor dengan fitur ini perlu tahu kapan mengaktifkan idling stop system.

Foto by Youtube

"Saat pertama kali menyalakan motor, pastikan idling stop system dalam keadaan non-aktif, supaya tak langsung menyedot daya aki berlebihan," terang Area Saleshead MPM, Chandra Wahyu Dinata saat ditemui dalam peluncuran All New Honda Vario 150 di Stadion Kanjuruhan Malang.

Menurutnya, idling stop system ini memang tidak perlu menyala terus. Saat menyalakan motor, posisi fitur ini harus non-aktif. Baru bisa diaktifkan setelah 3 menitan berkendara.

"Jadi kalau pas berhenti di traffic light, dinyalakan nggak apa-apa," tambahnya.

Prinsipnya sama dengan AC menyala dan listrik padam. Untuk menghemat listrik, saat listrik kembali menyala, AC harus dalam posisi mati. Untuk menhemat listrik dan tak merusak AC.

"Begitu pula dengan motor, supaya tidak membuat aki cepat habis juga tidak merusak motor. ISS rusak itu juga karena sering on-off. Jadi jangan lupa matikan ISS nya sebelum mematikan mesin motor," pungkasnya.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami