Agar Aki Motor Tidak Mudah Soak, Lakukan 5 Langkah Ini

Agar kondisi aki tetap terjaga dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan

Jum'at, 20 September 2019 18:45
Agar Aki Motor Tidak Mudah Soak, Lakukan 5 Langkah Ini Aki motor (Istimewa)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Aki adalah komponen penyimpan arus listrik dan dipakai untuk menyalakan motor starter serta menghidupkan semua kelistrikan kendaraan di saat mesin dalam keadaan mati. Selain itu juga menjadi sumber arus untuk proses pengapian sepeda motor.

Dalam pengertian lebih luas, aki motor memiliki 4 fungsi, yakni menyalakan sistem starter untuk menghidupkan mesin, memberi arus ke panel sebagai sistem informasi terkait sepeda motor, memberi tegangan referensi ke ECU untuk motor injeksi, serta menyalakan fuel pump ketika mesin akan distart (khusus injeksi).

Menurut Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer dan suku cadang sepeda motor Honda di Jawa Barat, karena peran aki begitu penting, accu perlu dirawat agar tidah mudah soak atau lemah.

Khusus baterai MF (Maintenance Free), bukan berarti aki jenis ini tidak perlu mendapatkan perawatan sama sekali. "Maintenance Free yang dimaksud di sini adalah kita tidak perlu melakukan pengisian air aki seperti layaknya pada baterai berventilasi atau orang umum menyebutnya baterai basah," ungkapnya.

Agar kondisi aki tetap terjaga dengan baik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1 dari 5 Halaman

Jumlah Aksesoris Motor

Perhatikan jumlah aksesoris yang membebani accu selama proses kerjanya seperti audio, klakson dan lampu-lampu yang dapat memperpendek usia aki. “Memang terlihat sederhana tetapi hal seperti ini justru dapat membebani baterai,” paparnya.

2 dari 5 Halaman

Cabut Terminal Baterai

Jika sepeda motor tidak digunakan lebih dari satu minggu, disarankan untuk melepas kabel negatif baterai dari terminal untuk menghindari adanya kebocoran arus yang dapat mengurangi kemampuan accu.

3 dari 5 Halaman

Jangan Memaksakan Baterai

Terkadang pemilik motor dihadapkan dengan kondisi motor yang mogok. "Nah, alangkah baiknya jangan memaksakan menghidupkan sepeda motor dengan cara distarter lebih dari 3 detik secara terus menerus, tapi gunakanlah kick starter atau diengkol untuk menghidupkan kembali," terangnya.

4 dari 5 Halaman

Pemeriksaan Berkala

Keempat disarankan adalah melakukan pemeriksaan berkala. Salah satu poin servis yang dilakukan di AHASS misalnya, adalah melakukan pemeriksaan tegangan baaterai. Tegangan, minimum aki adalah 12.4 Volt saat kunci kontak Off.

“Jika tegangan kurang dari standar maka lakukanlah penyetruman,” sarannya.

5 dari 5 Halaman

Periksa Sistem Pengisian

Jika tiba-tiba lampu pada sepeda motor putus dalam kurun waktu secara bersamaan, itu mengidikasikan ada yang tidak beres pada sistem pengisian sepeda motor.

“Kalau sudah megalami hal itu, jangan tunggu lagi, segera lakukan pemeriksaan agar tidak merusak baterai,” tutup Ade Rohman.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami