'Adu Sakti' Dua Mobil Keluarga, Nissan Grand Livina vs Honda Mobilio

Nissan Grand Livina Autech dan Honda Mobilio RS seakan satu sama lain saling mempertontonkan kecantikan dan performa yang prima sebagai pelayan seluruh anggota keluarga.

Rabu, 08 Oktober 2014 09:15
'Adu Sakti' Dua Mobil Keluarga, Nissan Grand Livina vs Honda Mobilio Grand Livina Autech vs Mobilio RS (Foto: Istimewa)

Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Mobil yang diperbandingkan kali ini, Nissan Grand Livina Autech dan Honda Mobilio RS seakan satu sama lain saling mempertontonkan kecantikan dan performa yang prima sebagai pelayan seluruh anggota keluarga.

Secara harga, dua mobil ini juga tidak terpaut jauh. Secara level juga masih cukup terjangkau oleh keluarga golongan menengah. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga efisien. Agresif dan Sporty jadi masing-masing identitas khusus pada Nissan Grand Livina dan Honda Mobilio ini.

Nissan Grand Livina sendiri mendapatkan semacam sentuhan dari Autech yang membuatnya mendapat fitur tambahan dan desain yang lebih agresif. Honda Mobilio RS sendiri, semenjak jadi fenomena pada akhir 2013 sampai awal 2014 tetap membawa solidnya basis Honda Brio.

Bagi anda yang meminati mobil keluarga mungkin beberapa poin perbandingan ini bisa dijadikan pertimbangan. Nah, jadi pilih yang mana?

1 dari 6 Halaman

Designs

Designs

Bisa dikatakan Honda Mobilio RS sedikit tertinggal, karena dengan campur tangan Autech pada Nissan Grand Livina yang memberikan permak pada eksterior, terutama lampu depan yang diperbaharui daripada Grand Livina lawas.

Sementara Honda Mobilio RS yang masih setia dengan desain grille yang membuat penjualannya eksplosif di awal tahun, memang memiliki model yang mantap. Hanya saja Nissan Grand Livina dengan improvisasi yang diberikan Nissan, memiliki interior yang sedikit saja lebih unggul dari Mobilio

2 dari 6 Halaman

Performance

Performance

Memang mengharapkan kedua mobil ini untuk memiliki kecepatan yang tinggi bukanlah hal yang bijak, tapi berharap pada konsumsi BBM dan rasionya jauh lebih realistis. Nissan Grand Livina Autech memiliki rasio 13,2 km/liter dalam kota dan Honda Mobilio RS sampai dengan 14,8 km/liter.

Dari sisi kapasitas, kedua mobil ini sama-sama memiliki volume mesin berukuran 1.498cc. Nissan Grand Livina mampu memasok tenaga sampai 109hp, dan Honda Mobilio RS sampai dengan 118hp

Honda Mobilio RS di bidang performa sejatinya menang telak dari Nissan Grand Livina ini. Karena Honda Mobilio RS dilengkapi dengan 'Earth Dream' pada sistem transmisinya, mampu melesat sampai 100 km/jam dalam waktu 11,2 detik. Mengungguli 2 detik dari Nissan Grand Livina.

3 dari 6 Halaman

Features

Features

Perang sesungguhnya terletak pada fitur kedua mobil ini. Nissan Grand Livina dilengkapi dengan jok yang terbuat dari kulit, roof monitor, pengadaan pemutar DVD serta adanya sensor parkir yang sangat membantu pengemudinya.

Honda Mobilio RS sendiri harus mengakui keunggulan tipis Nissan Grand Livina pada sektor ini. Sensor parkir juga disematkan pada Honda Mobilio RS, mungkin penambahan double AC sedikit menolong poin Honda Mobilio RS. Kedua mobil ini sudah memiliki ABS, airbags, serta foglamp.

4 dari 6 Halaman

Comfort

Comfort

Rasanya untuk faktor kenyamanan, Nissan masih harus angkat topi pada pabrikan Honda. Karena nyatanya Honda Mobilio RS unggul di sisi kenyamanan. Faktor handling dan suspensi yang menyenangkan jadi penyokong utama kenapa Honda Mobilio terasa lebih baik daripada Nissan Grand Livina Autech.

Faktor lain adalah eksistensi jok pada kedua mobil ini. Secara penampilan jok kulit milik Grand Livina memang terlihat lebih mewah, tapi saat digunakan untuk perjalanan jauh, kenyamanan jok Honda Mobilio RS lebih unggul dirasakan pada punggung penumpang, karena faktor itulah Honda Mobilio berada di atas Nissan Grand Livina.

5 dari 6 Halaman

Fun To Drive

Fun To Drive

Warisan Honda Brio jelas terasa pada Honda Mobilio, Fun to Drive kental terasa pada saat Honda Mobilio dikendalikan dalam kecepatan sedang. Dengan posisi mengemudi yang dirasakan jauh lebih pas daripada Nissan Grand Livina, salah satunya.

Tapi secara feeling saat dikemudikan, Nissan Grand Livina Autech memiliki beban pada body yang lebih pas, sehingga tidak mudah oleng saat digunakan untuk bermanuver di jalan bebas hambatan.

6 dari 6 Halaman

Value and Price

Value and Price

Honda Mobilio RS dibanderol seharga Rp 214 juta on the road Jakarta, sementara Nissan Grand Livina Autech dihargai lebih mahal, Rp 242 juta on the road Jakarta.

Apabila dibandingkan, keduanya memiliki garansi yang sama, 3 tahun/100km. Tapi menilik dari fitur, kenyamanan, performa serta harga, rasanya Honda Mobilio RS memiliki kemungkinan untuk dipinang sedikit lebih besar daripada Nissan Grand Livina.

(kpl/fjr)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami