Adu Canggih Wuling Cortez vs Toyota Innova Venturer, Ini yang Bikin Beda

Fitur yang ditawarkan Wuling sendiri justru mampu bersaing dengan kepunyaan Toyota Innova Venturer. Padahal varian tersebut merupakan tipe tertinggi di bawah naungan flagship Toyota Innova

Sabtu, 23 Desember 2017 12:43
Wuling Cortez vs Toyota Innova Venturer by Istimewa
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Wuling Motors terbilang cukup berani untuk terjun di pasar otomtif Indonesia yang selama ini lebih didominasi oleh pabrikan asal Jepang. Terlebih lagi, stigma soal 'merek China' pun tak membuat Wuling menurunkan ambisi untuk terus merangsek menyaingi rival.

Terbukti, Wuling tidak gentar dengan memasang target 5.000 unit penjualan tahun ini dan menilai strategi itu cukup efektif.

Asa tutup tahun pun disegarkan dengan penampilan Wuling Cortez, atau di China disebut dengan Baojun, yang banyak dibilang berani head-to-head melawan Toyota Innova, si pengusa lini MPV premium selama ini.

Persaingan tersebut diklaim menjadi duel 'berat sebelah' karena meskipun Cortez berlimpah fitur, harganya jauh di bawah Innova dan justru lebih dekat dengan Toyota Avanza.

Menariknya lagi, fitur yang ditawarkan Wuling sendiri justru mampu bersaing dengan kepunyaan Toyota Innova Venturer. Padahal varian tersebut merupakan tipe tertinggi di bawah naungan flagship Toyota Innova. 

Lalu apa sih yang berbeda dari keduanya? Yuk simak perbandingan fitur antara Wuling Cortez lawan Toyota Innova Venturer berikut:

1. Mesin

Wuling Cortez menggunakan mesin 1.798 cc 4 Silinder DOHC dengan fitur VVT-i sedangan Toyota Innova menggunakan sistem yang sama namun memiliki kapasitas mesin lebih besar yakni 1.998 cc.

Dengan perbedaan besarnya kubikasi, tentu saja mempengaruhi power dan torsi. Innova rupanya punya tenaga lebih besar dengan 147 hp @5.600 rpm dan torsi 183 Nm @4.000 rpm dibandingan Cortez yang hanya berhasil menorehkan power sebesar 129 hp @5.600 rpm dan torsi 174 Nm @3.600 rpm.

2. Dimensi

Wuling Cortez punya dimensi lebih besar, namun hanya terpaut sangat sedikit dibandingkan Innova Venturer.

Berdasarkan data, Cortez memiliki panjang 4.780 mm; lebar 1.816 mm; tinggi 1.755 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Untuk Innova venturer sendiri mengaplikasikan dimensi panjang 4.735 mm; lebar 1.830 mm; tingi 1.795mm dan jarak sumbu roda yang sama persis, yakni 2.750 mm.

3. Sistem penggerak

Dari kedua MPV tersebut, yang paling mencolok ialah pengunaan penggerak roda di mana Cortez memakai Front Wheel Drive (FWD) dan Innova Venturer sebaliknya menggunakan Rear Wheel Drive (RWD).

4. Rem Belakang

Perbedaan berikutnya ada pada rem belakang. Cortez menggunakan rem cakram dan tromol untuk Innova Venturer.

5. Suspensi

Lalu di runut dari suspensinya pun, baik depan maupun belakang, keduanya mengandalkan varian yang berbeda. Cortez lebih memilih McPherson Strut Coil Spring & Suspensi Independen untuk depan dan Coil Spring & Suspensi Independen untuk belakang.

Sedangkan Innova Venturer lebih pede dengan Double Wishbone Coil Spring & stabilizer dan 4 Link Coil Spring & Lateral Road.

6. Fitur

Nah, bagian paling mumpuni terletak pada fiturnya. Saking banyaknya fitur, kita harus jeli untuk memilih dan memilah mana yang cocok dengan kebutuhan.

Beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh Innova Venturer diantaranya Rem Parkir Elektrik, Sun Roof, Pembuka Jendela Otomatis. Tapi Wuling Cortez tidak memiliki fitur otomatis untuk semua jendela mobil.

Keunggulan Cortez memang terlihat lebih dominan dengan sun roof yang umumnya dipakai untuk mobil-mobil mewah.

Mana nih yang cocok buat Kamu?

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/sdi)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami